Close

Cek Kesiapsiagaan Pokdarwis, Tidak Ada lagi Korban Hanyut di Padangpariaman 

CEK OBJEK WISATA— Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Padangpariaman Muhammad Fadhly cek Kesiapsiagaan Pokdarwis.

PDG.PARIAMAN, METRO–Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Padangpariaman Muhammad Fadhly ingatkan kepada semua kelompok sadar wisata (pokdarwis) untuk siaga terhadap keselamatan pengunjung wisata liburan lebaran idulfitri tahun 2022.

“Kita selalu melakukan monitoring selama liburan pasca lebaran Idul Fitri 1443 H. Pihaknya akan terus memantau Pokdarwis, dalam memandu pariwisata di wilayah masing-ma­sing,” kata Muhammad Fadly, kemarin.

Saat itu a turun ke la­pangan bersama Kepala Pelaksana (Kalaksa) Ba­dan Penanggunalangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padangpariaman Budi Mulya dan Ke­tua Ke­lompok Sadar Wi­sata (Pokdarwis) Pantai Panjang Katapiang Hardimus.

Sekarang katanya,  me­lakukan monitoring kesiapan Pokdarwis dalam me­nyambut kedatangan pe­ngunjung wisata di wilayah Pantai Panjang Nagari Ka­tapiang Kecamatan Batang Anai.

Monitoring ini dimaksudkan, untuk mengecek kesiapan sarana yang ha­rus dipenuhi untuk mendukung wisata yang aman dan nyaman.

Pada kesempatan ter­sebut, Plt. Kadisparpora mengecek sarana rumah makan, toilet, tempat shalat serta kesiapan pengamanan pantai. Pengamanan pantai menjadi focus monitoring, sehubungan dengan seringnya terjadi korban hanyut di laut yang menimpa pengunjung wi­sata. “Kita harus mengantisipasi hal ini dari awal, agar Pokdarwis siaga de­ngan petugas yang dilatih untuk pengamanan pantai. Sehingga tidak ada lagi korban, seperti terjadi beberapa tahun lalu. Maka­nya, hari ini kita melakukan monitoring bersama Kalaksa BPBD,” jelas Muhammad Fadhly.

Fadhly menambahkan, Pantai Panjang Katapiang merupakan salah satu objek wisata pantai yang ramai dikunjungi se­tiap liburan hari raya Idul Fitri. Selain itu, juga ada potensi tingginya jumlah pengunjung di objek wisata pantai lainnya. Seperti di Pantai Tiram Tapakih dan Tiram Seulayat, Pantai Ar­ta Permai dan Arta Indah, Pantai Baselona, Pantai Penyu, Pantai Paingan, Pantai Arga Permai, Pantai Pilubang dan Pantai Tarok Sabatang di Kantarok. “Ki­ta mengharapkan, tidak terjadinya korban hanyut atau hilang karena berwisata dipantai seperti pernah terjadi sebelumnya. Oleh sebab itu, pengunjung juga harus mengindahkan peringatan-peringatan pe­tugas life guard Pokdarwis dan himbauan-himbauan yang diberikan,” terang Muhammad Fadhly.

Selanjutnya Muhammad Fadhly menjelaskan, bahwa pihaknya akan me­lakukan monitoring selama liburan pasca lebaran Idul Fitri 1443 H. Pihaknya akan terus memantau Pokdarwis, dalam memandu pariwisata di wilayah masing-masing.

Kepala Pelaksana BP­BD Kabupaten Padangpariaman Budi Mulya, juga meng­himbau kepada pe­ngunjung objek wisata. Untuk selalu mendengarkan arahan Life Guard Pokdarwis, mengingat daerah pantai adalah daerah rawan bencana dan terjadinya cuaca ekstrim. “Beberapa waktu lalu, kita telah me­latih life guard se Kabupa­ten Padangpariaman dan menut data, disini ada 6 orang life guard,” jelas Budi Mulya. Dikatakan, bahwa potensi pengunjung wisata yang besar, tentunya juga diikuti oleh tingginya risiko keamanan bagi pengunjung. Oleh sebab itu, Pokdarwis pengelola di masing-masing wilayah pantai, perlu siaga dalam mengantisipasi pengunjung yang berwisata di pantai. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top