Close

Cegak Penyakit Tidak Menular, Kampanyekan Pola Hidup Sehat di Pariaman

KAMPANYEKAN — wako saat acara kampanyekan pola hidup sehat.

PARIAMAN, METRO–Walikota Pariaman H Genius Umar menyatakan gaya dan pola hidup yang salah menjadi salah satu penyebab terjangkitnya Penyakit Tidak Menular (PTM). “Dalam mengatasi  PTM saya  mengajak seluruh pihak untuk bersama – sama mencegah mening­katnya PTM,” kata WalikotaPariaman Genius Umar, kemarin, usaimembuka kampanye PTM tingkat Kota Pariaman tahun 2022 yang bertempat di Puskesmas Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan.

Katanya, kampanye PTM tingkat Kota Pariaman tahun 2022 yang dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Marunggi sa­ngat luar biasa. Terlihat masyarakat sangat antusias untuk pemeriksaan kesehatan ma­sing – ma­sing.

“Semua itu  tidak terlepas dari sosialisasi dan kerja sama antara petugas dan pihak desa. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masya­rakat dan jajaran Puskesmas Marunggi dibawah kepemimpinan Maili Susi­yeti,” ungkapnya.

Penyakit tidak menular (PTM) adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman, seperti diantaranya adalah diabetes melitus, kanker dan penyakit jantung coroner.

Peningkatan kasus PTM secara signifikan akan menambah beban masyara­kat dan pemerintah, me­ngingat penanganannya mem­butuhkan banyak waktu, biaya besar, serta teknologi tinggi.

Kampanye edukasi ma­syarakat dan deteksi dini PTM merupakan cara yang paling efektif dan efisien untuk mengendalikan faktor risiko.

“Perempuan merupakan kunci utama dalam sebuah keluarga, kader yang berpartisipasi pada kegiatan ini merupakan perempuan – perempuan hebat terpilih. Saya mengucapkan selamat untuk para kader, keluarga dan ma­syarakat yang selalu mendukung program Pemko Pariaman. Kita dapat men­cegah dan mengendalikan PTM dengan CERDIK, Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kendalikan stres, dan ha­rus kita mulai dari seka­rang,” ujarnya.

“Melalui kampanye PTM, kita tingkatkan kemandirian masyarakat de­ngan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) secara teratur, serta me­ngurangi GGL (garam, gu­la, dan lemak) untuk men­cegah PTM salah satunya juga termasuk diabetes. Semoga saja kita semua terhindardari PTM dan PM sehingga masyarakat Kota Pariaman terbebas dari PTM,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifa usai kampanye PTM mengatakan bahwa kampanye PTM me­rupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Pariaman setiap tahunnya. Indonesia saat ini menghadapai beban ganda penyakit, yai­tu penyakit menular dan penyakit tidak menular (PTM). Keprihatinan terhadap peningkatan prevelansi PTM telah mendo­rong lahirnya kesepakatan tentang strategi global da­lam pencegahan dan pe­ngendalian PTM, khususnya di Kota Pariaman.

“PTM merupakan pe­nyakit yang diawali dengan pola hidup tidak sehat, namun bisa menyebabkan Kecacatan dan kematian serta menurunnya produktivitas (productivity loss) yang pada akhirnya akan mempengaruhi pembangunan sosial ekonomi. Hal inilah yang melatarbelakangi Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Kesehatan Kota Pariaman dengan gencar mensosia­lisasikan Gerakan Masya­rakat Hidup Sehat ( Germas) agar terhindar dari PTM dan PM,” ungkapnya.

Kegiatan ini diawali de­ngan pemeriksaan kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat meliputi tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol, peme­riksaan gigi sampai konsultasi gizi. Apabila ditemui masyarakat dengan gejala mengarah pada PTM, Dinas Kesehatan Kota Pa­riaman bersama Puske­s­mas Marunggi akan me­nindak lanjuti proses pe­nyembuhan.

“Pemko Pariaman sam­pai saat ini masih te­rus mengupayakan kesejahteraan masyarakat khu­susnya dibidang kesehatan. Telah banyak kita nikmati pelayanan kesehatan gratis baik dipuskesmas maupun di Rumah Sakit Kota Pariaman. Untuk itu dengan adanya program kesehatan gratis, ayo kita periksakan diri untuk mengetahui kesehatan kita agar kita bisa melakukan pencegahan dari seka­rang,” ujarnya.

Ikut hadir dalam kampanye PTM Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny.Lucy Genius, Kadis Kesehatan Kota Pariaman Nazifah, Kepala BKPSDM Kota Pariaman Irma Dawani, Kadis Sosial Kota Pariaman Muhammad Rum, Sekretaris Dinas Kominfo Kota Pariaman Erpan Sayuti, Camat Pariaman Selatan Kota Pariaman M.Farid Marwan, Seluruh Kepala Desa diwilayah kerja Puskesmas Marunggi dan Kepala Pus­kemas se Kota Pariaman. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top