Menu

Cegah Virus Corona di Kereta Api, KAI Divre II Sediakan Hand Sanitizer dan Bagi-bagi Masker

  Dibaca : 291 kali
Cegah Virus Corona di Kereta Api, KAI Divre II Sediakan Hand Sanitizer dan Bagi-bagi Masker
GRATIS— PT KAI Divre II melakukan pencegahan penyebaran virus corona di kereta api dengan pembagian masker secara gratis bagi penumpang dan pegawai.

PADANG, METRO
PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan langkah-langkah antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia kepada penumpang kereta api (KA) di wilayah Divre II. Pencegahan penyebaran virus corona di wilayah Divre II ini antara lain dilakukan dengan pembagian masker secara gratis bagi penumpang KA dan pegawai.

Selain itu, juga menyediakan hand sanitizer, sosialisasi kesehatan terkait virus corona, hingga penyuluhan kepada setiap pegawai PT KAI di setiap stasiun di wilayah Divre II. Kegiatan ini dilakukan di seluruh wilayah kerja PT KAI Jawa dan Sumatera.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, bahwa melalui unit Kesehatan PT KAI, telah memasang beberapa spanduk mengenai cara pencegahan, sebagai upaya PT KAI agar tidak terjadi penyebaran virus corona di area stasiun dan KA.

“Pada stasiun tersebut, PT KAI akan melakukan pelayanan kepada masyarakat berupa pemeriksaan kesehatan, pembagian masker, pembagian pamflet, dan penyuluhan kesehatan tentang virus corona, cuci tangan, pemakaian masker, dan etika batuk dan bersin. Layanan ini telah terdapat di stasiun aktif di wilayah Divre II,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Divre II, M Reza Fahlepi mengatakan, dalam hal kebersihan sarana kereta, PT KAI melakukan pencucian interior dan eksterior kereta secara rutin setiap sebelum perjalanan. PT KAI juga menyiagakan petugas kebersihan baik di stasiun maupun selama perjalanan, dan setiap pergantian penumpang.

Reza menambahkan, PT KAI menyediakan pos kesehatan bagi penumpang yang ingin memeriksa kesehatan. Ia juga mengimbau kepada penumpang yang dalam kondisi tidak fit agar tidak memaksakan naik kereta api.

Selain itu, Reza juga berpesan kepada penumpang untuk melapor kepada petugas stasiun atau kondektur jika merasa tidak sehat, sehingga dapat ditindaklanjuti oleh petugas.

“Hand sanitizer juga kami sediakan di stasiun, pos kesehatan, kantor, dan titik-titik lainnya. Demi efektivitas pencegahannya, PT KAI juga mengajak kepada pengguna KA untuk menjaga kesehatan diri dan memakai masker jika sedang sakit,” ujarnya.

Sebelumnya, PT KAI telah melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona di berbagai stasiun dan internal PT KAI pada Januari 2020. Yakni, saat awal beredarnya kabar virus corona. Sosialisasi tersebut berupa pemasangan spanduk, pembagian brosur, dan kampanye hidup sehat oleh petugas kepada penumpang.

“Upaya-upaya preventif penyebaran virus corona terus kami lakukan baik di atas kereta maupun stasiun. Kami juga mengajak pengguna KA untuk sama-sama proaktif mencegah penyebaran virus corona,” tutup Reza. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional