Menu

Cegah Stunting, Dinkes Gelar Timbang Massal

  Dibaca : 105 kali
Cegah Stunting, Dinkes Gelar Timbang Massal
TIMBANG ANAK— Petugas Posyandu Al Hadi di Kampuang Jua Pilubang, wilayah kerja Puskesmas Sungai Limau, Kabupaten Padangariaman sedang melakukan penimbangan anak.

PDGPARIAMAN, METRO
Menghindari  stunting, kemarin, Dinas Kesehatan Padangpariaman melaksanakan penimbangan massal dan pemberian vitamin A kepada  masyarakat dalam daerahnya.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Padangpariaman Yutiardy Rivai melalui Kabid Kesmas Nurhayati beserta tim di bidang kesmas melakukan supervisi ke Posyandu Al Hadi di Kampuang Jua Pilubang, wilayah kerja Puskesmas Sungai Limau, Kabupaten Padangpariaman.

Pada kesempatan ini disamping melakukan penimbangan dan pemberian vitamin A kepada bayi dan balita yang menjadi sasaran di Posyandu Al Hadi juga  dilakukan penilaian pelayanan yang terstandar sesuai pedoman tata laksana kegiatan posyandu di setiap langkah kegiatan Posyandu.

Pelayanan di Posyandu kali ini sangat berbeda dengan pelaksanaan posyandu  sebelumnya, karena saat ini  masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka harus mengikuti protokol kesehatan.

“Alhamdulillah, Posyandu Al Hadi sudah melaksanakan nya sesuai aturan, sebelumnya pengunjung Posyandu dan petugas pelaksana, seperti kader dan tenaga kesehatan harus dalam keadaan sehat. Sekarang pelaksanaan juga sudah disediakan CTPS dan pengunjung harus memakai masker,“ ujarnya.

Dikatakan, Posyandu ini mendapat dukungan penuh dari lintas sektor yg ada di Nagari Pilubang,hadir sekretaris walnag dan wali korong. Juga hadir Kepala Puskesmas (Yusneli Erza) beserta jajaran.

Penilaian Posyandu dalam rangka pemantauan pelaksanaan posyandu Balita dalam tatanan normal produktif dan aman, dengan indikator penilaian. Yakni, mulai dari pelaksanaan protokol kesehatan di posyandu pada era new normal, lokasi dan sarana prasarana posyandu, peran lintas sektor dan masyarakat dalam pelaksanaan Posyandu. Selanjutnya, jumlah kader yang ada serta kemampuan kader dalam memberikan pelayanan di Posyandu. Dan capaian sasaran  balita yang berkunjung.

Kemudian di akhir pertemuan kepala puskesmas menyampaikan, bahwa Posyandu Al Hadi merupakan salah satu Posyandu yang diunggulkan untuk mengikuti penilaian.

Diakui  Yusneli Erza, Posyandu ini betul-betul mendapat dukungan dari lintas sektor, hal ini dibuktikan dengan ada nya bangunan posyandu ini dengan semua sarana prasarana, begitu juga dengan kegigihan dan ketulusan semua ibu ibu kader posyandu dalam membantu pelayanan pelaksanaan posyandu.

“Ini merupakan bukti bahwa pemberdayaan masyarakat yang sudah cukup tinggi. Karena memang Posyandu itu dari, oleh dan untuk masyarakat,” tandasnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional