Close

Cegah Pungli dan Gratifikasi di Payakumbuh, UPP Saber Pungli Sosialisasi

PAYAKUMBUH, METRO–Guna mencegah supaya tidak terjadinya pu­ngutan liar serta juga untuk mengendalikan gratifikasi, Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli Payakumbuh laksanakan rapat koordinasi (Rakor) Tim Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar) Kota Payakumbuh, Rabu (29/9).

Rakor yang digelar di aula Rupatama Polres Pa­yakumbuh itu dipimpin langsung oleh ketua UPP Saber Pungli Payakumbuh Kompol Jerry Syahrim yang didampingi Asisten III bidang Administrasi Umum Amriul Dt. Kara­yiang bersama Inspektur Kota Payakumbuh Andri Narwan dan jajaran tim Saber Pungli Kota Payakumbuh.

Ketua UPP Saber Pungli Payakumbuh Kompol Jerry Syah-rim menyampaikan bahwa kegiatan Satgas Saber Pungli Payakumbuh berdasarkan ana­lisa pokja in-telejen. “Jadi saat ini pokja intelejen akan mengum-pul-kan data serta menganalisa potensi-potensi pungli yang akan terjadi, setelah itu hasilnya akan menjadi dasar satgas saber pungli untuk berge­rak di tengah masyarakat,” ka­tanya saat memimpin ra­pat.

Dilanjutkan, sesuai arahan Satgas Saber Pungli Pusat, tim akan fokus pada upaya-upaya preventif a­tau pencegahan pungli. Selain itu juga akan me­lakukan pemasangan span­duk/baliho himbauan di beberapa titik pusat pela­yanan publik di kota Payakumbuh,” ujar Jerry Syah­rim di hadapan peserta rapat yang terdiri dari unsur Kepolisian, Kejaksaan, TNI, akademisi dan pemerintahan di wilayah kota Pa­yakumbuh.

Sementara Walikota yang diwakili Asisten III Amriul Dt. Karayiang katakan jika Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) adalah unit pemberantasan pu­ngutan liar, yang mempunyai tugas dalam melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan me­ngoptimalkan pe-manfaatan personil, satuan kerja, dan sarana pra-sarana, baik yang berada di kementerian/lembaga mau-pun pemerintah daerah yang dibentuk berda-sar-kan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Berzih Pungutan Liar.

“Selama melaksanakan tugasnya, Satgas Saber Pungli menyelenggarakan fungsi intelijen, pen-cegahan, penindakan, dan yustisi dan berwenang untuk mengoordinasikan, me­­rencanakan, dan melak-sanakan operasi pembe­rantasan pungutan liar serta me-lakukan operasi tang­kap tangan,” ungkap Asisten III bidang Admi­nistra Umum tersebut.

Masyarakat dapat berperan serta dalam pem-beran-tasan pungutan liar, baik secara langsung mau-pun tidak langsung melalui media elektronik atau non elektronik dalam bentuk pemberian informasi, pe­ngaduan, pelaporan, dan/atau bentuk lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Wakil Ketua Pelaksana I Satgas Saber Pungli Kota Payakumbuh Andri Narwan menambahkan menam-bah-kan bahwa kegiatan preventif sangat variatif yang bi-sa dilakukan. “Dalam upaya preventif selain so-sialisasi dengan menggunakan media so­sial, kita juga bisa menggandeng media lokal se­perti TV dan radio untuk melakukan Talk Show atau acara sejenisnya agar ma-syarakat semakin paham akan bahayanya pungli,” tam-bah Andri Narwan yang juga Inspektur Kota Paya-kumbuh.

“Untuk anggaran Satgas Saber Pungli  Paya-kum-buh pada intinya su­dah disiapkan Pemda Pa­yakumbuh melalui Inspektorat. Namun juga tetap menyesuaikan dengan kon­disi keuangan akibat recofusing untuk penanganan pandemi Covid-19,” pungkasnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top