Menu

Cegah Penyebaran Covid-19, PMI Sumbar Semprotkan Disinfektan ke Sejumlah Perkantoran

  Dibaca : 149 kali
Cegah Penyebaran Covid-19, PMI Sumbar Semprotkan Disinfektan ke Sejumlah Perkantoran
PENYEMPROTAN—Tim Satgas Covid-19 PMI Sumbar melakukan penyemprotan disinfektan ke beberapa perkantoran dan beberapa titik lokasi rumah warga di Kota Padang.

PADANG, METRO–Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumbar melaksanakan aktivitas rutinnyn melanjutkan program kemanusiaan yang tidak henti berjalan selama pandemi Covid-19. Salah satunya layanan penyem­protan disinfektan (disin­feksi) gratis untuk ma­syarakat, Kamis (22/7).

Sebelumnya, PMI Sum­bar juga melaksanakan kegiatan pelatihan Mana­jemen Tanggap Darurat Bencana (MTDB) di masa pandemi Covid-19 untuk relawan PMI Kabupaten / Kota se-Sumbar pada tang­gal 6-17 Juli lalu, di Kota Payakumbuh. Pada ke­gi­a­tan penyemprotan disin­fektan kali ini, satu tim Satgas Covid-19 yang ter­diri dari satu orang staf markas dan empat orang relawan ditugaskan untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke beberapa titik lokasi.

“Hari ini kita kembali melakukan layanan disin­feksi untuk Kantor BPJS Kesehatan, Kantor Harian Umum Singgalang dan lima unit Apotek Kimia Farma,” ucap Antoni Kartika, selaku Koordinator Tim Satgas Covid-19 PMI Sumbar.

Antoni juga men­jelas­kan, penyemprotan disin­fektan tersebut dilakukan dengan menggunakan alat foging, blower dan steam. “Alat foging kita pakai un­tuk penyemprotan di da­lam ruangan yang ber AC. Karena cairan disinfektan kita gunakan, selain mem­bunuh virus juga dapat membersihkan udara. Se­men­tara blower dan steam kita pakai untuk penyem­protan di luar ruangan,” jelasnya.

Kepala Markas PMI Sumbar, Hidayatul Irwan menyampaikan, demi me­mutus mata rantai pe­nyebaran Covid-19 di Sum­bar, khususnya Kota Pa­dang, layanan disinfeksi akan terus diberikan untuk masyarakat. “Bukan untuk kantor-kantor saja. Disin­feksi ini juga kita lakukan untuk fasilitas umum, RT/ RW, komplek, maupun, ru­mah warga. Jadi masya­rakat silahkan hubungi kami. Karena PMI siap bantu,” jelas Hidayat.

Ketua PMI Sumbar, A­ris­to Munandar menga­takan, PMI memiliki a­manat dari UU Nomor1 Tahun 2018 yang mem­bantu tugas-tugas peme­rintah untuk memberikan pelayanan di bidang pe­nanggulangan bencana.  “Covid-19 adalah bencana non alam. Jadi, sudah se­mes­tinya PMI Sumbar ha­dir untuk membantu ma­sya­rakat. Terutama ma­sya­rakat diwilayah Su­matera Barat ini,” ucap Aristo.

Mantan Bupati Agam tersebut juga menghimbau agar masyarakat Sumbar senantiasa meningkatkan iman, imun dan aman. Serta tetap disiplin lakukan 6M, yakni mencuci tangan, me­makai masker, menja­ga jarak, menghindari k­e­ru­munan, menghindari ma­kan bersama dan mem­batasi mobilitas. “Semoga kita semua sehat selalu. Mari kita patuhi himbauan peme­rintah,” harap Aris­to.(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional