Menu

Cegah Penyakit Anemia, Duta Rancak Pelopor Kesehatah Remaja

  Dibaca : 87 kali
Cegah Penyakit Anemia, Duta Rancak Pelopor Kesehatah Remaja
DISAMBUT—Wali Kota Pariaman Genius Umar saat menghadiri acara Rancak disambut para remaja di lokasi acara.

PARIAMAN, METRO
Dalam menjaga kesehatan dan gizi remaja putri di Kota Pariaman yang merupakan aspek penting dalam kehidupan remaja dan menjadi landasan siklus kehidupan manusia, kemarin, Dinas Kesehatan (Dinskes) Kota Pariaman membentuk Duta Rancak (Remaja Aktif Ngebet Cegah Anemia) Kota Pariaman.

Duta Rancak tersebut siap membantu mensosialisasikan pentingnya mencegah anemia di sekolah SMP dan SMA se Kota Pariaman.

“Pembentukan Duta Rancak ini merupakan perpanjangan tangan dari Dinas Kesehatan agar semua remaja di Kota Pariaman mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Pariaman,” kata Plt.Kepala Dinas Kesehatan Nazifa, kemarin, usai peringatan Hari GIzi Nasional (HGN) ke -61 tahun 2021 di Desa Ampalu Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman.

“Kita hari ini membentuk duta rancak sebagai pelopor kesehatan remaja. Permasalahan remaja sangat kompleks dan beragam, namun sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Inilah yang membuat remaja terkadang tidak memikirkan akan dampak dari permasalahan yang dihadapi. Dengan adanya duta rancak mereka akan selalu mengawasi remaja disekolah masing – masing dan mensosialisasikan pentingnya mencegah anemia apalagi saat remaja, “ ungkapnya.

Duta rancak merupakan pelajar SMP dan SMA di Kota Pariaman yang dibentuk oleh Dinas Kesehatan Kota Pariaman. Mereka bertugas membantu Pemerintah Kota Pariaman untuk memantau teman – temannya dalam meminum tablet penambah darah disekolah 1 x seminggu.

“Duta rancak memang sengaja dibentuk untuk membantu memantau teman – temannya disekolah. Setiap duta rancak diberikan tablet penambah darah secara gratis oleh Pemko Pariaman yang akan dibagikan ke teman – teman disekolahnya. Kemudian mereka akan memantau teman-temannya dalam meminum tablet tersebut. Tugas lainnya adalah memberikan edukasi pada teman-teman di sekolah masing-masing tentang pentingnya tablet penembah darah tersebut,” terangnya.

Pada peringatan HGN ke-61 Tahun 2021 Kota Pariaman, perwakilan duta rancak dari SMPN 3 Pariaman langsung mendapatkan tablet penambah darah dari Walikota Pariaman Genius Umar yang kemudian akan dibagikan kepada teman – teman disekolahnya.

Saat itu, Walikota Pariaman H Genius Umar juga menyemangati duta rancak agar selalu bersemangat dan kompak dalam mengkampanyekan cegah anemia.

“Apapun yang dihadapi dilapangan nanti, Walikota Pariaman siap membantu duta rancak agar tugasnya bisa berjalan lancar,” tambahnya.

Genius Umar berharap dengan terbentuknya Duta Rancak Kota Pariaman, tidak akan ada lagi remaja di Kota Pariaman terkena anemia karena kesibukannya.

Selalu konsumsi tablet penambah darah secara teratur agar remaja sehat dan semangat. Remaja sehat Pemko Pariaman bersemangat. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional