Menu

Cegah Klaster Baru di Lapas Muaro, 124 Petugas Lapas dan 71 Bapas Disuntik Vaksin

  Dibaca : 135 kali
Cegah Klaster Baru di Lapas Muaro, 124 Petugas Lapas dan 71 Bapas Disuntik Vaksin
SUNTIK VAKSIN— Petugas Dinkes melakukan suntik vaksin terhadap petugas Lapas dan Bapas, Selasa (6/4).

MUARO, METRO
Sebanyak 126 orang petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang dan 71 orang petugas Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Padang mengikuti vaksinasi Corona Virus Disease (Covid-19) tahap pertama di ruang rapat Lapas Kelas IIA Padang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Padang, Selasa (6/4).

Kepala Lapas Kelas IIA Padang, Era Wiharto menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan Lapas Kelas IIA Padang serta upaya mendukung program pemerintah.

“Pelaksanaan vaksin Covid-19 ini diikuti seluruh petugas Lapas Kelas IIA Padang dan seluruh petugas Bapas Kelas I Padang. Dari total 126 orang petugas Lapas, dua orang diantaranya tidak divaksin karena tengah hamil. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, seluruh petugas dapat terlindungi dari penyebaran Covid-19 yang telah mewabah sejak 1 tahun belakangan ini,” ungkap Kalapas Era.

Satu persatu petugas mengikuti kegiatan yang dibantu oleh 10 orang petugas kesehatan dari Puskesmas Seberang Padang Kota Padang ini dengan tertib dan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah membludaknya antrian antara petugas Lapas dan Bapas dikarenakan pelaksanaan vaksin hanya dilaksanakan serentak selama satu hari penuh.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi petugas Lapas Kelas IIA Padang dilaksanakan mulai pukul 08.00 12.00 WIB, sementara untuk petugas Bapas Kelas I Padang dilaksanakan mulai pukul 13.00 17.00 WIB beserta petugas regu jaga Lapas Padang shift siang,” jelasnya.

Ditempat sama, Kepala Bapas Kelas I Padang, Karto, menjelaskan bahwa para petugas menjadi prioritas penerima vaksin karena merupakan pelayan publik yang bersinggungan langsung dengan masyarakat luas.

“Sudah menjadi tugas dan fungsi bagi petugas Bapas untuk terjun ke lapangan bertemu langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu, penting dilakukan pemberian vaksin ini guna mencegah timbulnya klaster baru dilingkungan petugas,” tutur Kabapas Karto.

Karto juga menambahkan bahwa sebanyak 71 orang petugas Bapas Kelas I Padang mengikuti giat vaksinasi di Lapas Padang.

“Kami berharap pemerintah daerah Sumatera Barat juga segera memberi vaksinasi bagi para warga binaan dengan harapan melalui pemberian vaksin ini mampu mencegah penyebaran Covid-19 di dalam blok hunian Lapas Kelas IIA Padang,” tutupnya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional