Close

Cegah Kasus KIPI, Pemberikan Suntikan Vaksin Harus Lebih Teliti

Mawardi Roska Sekretaris Daerah Pesisir Selatan

PADANG, METRO–Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Mawardi Roska meminta seluruh tim vaksinator dapat bekerja sesuai standar operasional pelayanan dalam melaksanakan tugas terkait vaksinasi.

Hal tersebut diingatkan untuk meminimalisasi terja­dinya kasus KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi terhadap para lansia dan masyarakat umum lainnya.

“Jadi, bekerja tetap sesuai SOP untuk mencegah kasus KIPI,” jelas Sekda, (12/1) di Painan.

Tim vaksinator yang me­la­kukan pemeriksaan kesehatan terhadap calon peserta vaksinasi juga diminta untuk lebih teliti dan hanya akan memberikan suntikan vaksin kepada orang yang betul-be­tul memenuhi persyaratan.

Penegasan itu sekaitan dengan target yang harus dicapai oleh masing-masing kabupaten dan kota di Sumatera Barat khusus untuk lansia sebanyak 60 persen.

Padahal saat ini, capaian vaksinasi lansia di Pesisir Selatan masih dibawah 50 per­sen dari total sasaran 46 ribu. Sementara untuk total sasaran vaksinasi secara keseluruhan sebanyak 400.088 o­rang.

Hal lain yang disampaikan Sekda Pesisir Selatan agar semua tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 di se­tiap tingkatan dapat berperan maksimal untuk memberikan edukasi kepada masya­rakat di tiap wilayah akan pentingnya vaksinasi.

“Bagaimana kita terus memeberikan edukasi kepada masyarakat. Dan tim nakes juga begitu, melakukan screening sebaik mungkin, dan mencegah kasus KIPI,” tuturnya.(rio/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top