Menu

Cegah Covid-19, Satpol PP Intensif Beri Penyuluhan ke Warga

  Dibaca : 664 kali
Cegah Covid-19, Satpol PP Intensif Beri Penyuluhan ke Warga
PASANG— Personel Satpol PP Padang melakukan pemasangan instruksi Wali Kota Padang terkait pencegahan penularan virus corona.

TAN MALAKA, METRO
Satpol PP Kota Padang melakukan penyuluhan terhadap pencegahan virus corona dan menyampaikan instruksi Wali Kota secara door to door. Terutama terhadap larangan buka, seperti tempat hiburan dan sejenisnya termasuk spa dan salon tentang penutupan sementara kegiatan operasional industri Pariwisata dalam upaya kewaspadaan Pemerintah terhadap penularan coronavirus (Covid-19) di Kota Padang.

“Kegiatan kita setiap hari bersifat imbauan kepada warga betapa pentingnya melakukan isolasi mandiri di rumah guna memutus mata rantai penyebaran virus corona. Serta kita lakukan penyuluhan instruksi Wali Kota dan kita tempelkan di depan pintu-pintu industri pariwisata dan tempat-tempat keramaian lainnya, sebagai percepatan sosialisasi pemerintah,” ujar Kasatpol PP Padang, Alfiadi pada, Rabu (25/3).

Ia berharap semua industri pariwisata, bekerja sama agar menjalankan apa yang sudah diinstruksikan oleh Pemko Padang demi kebaikan bersama dan warga Kota Padang. “Yang sudah ada instruksi tersebut, setiap hari akan diawasi. Jika ada juga yang tidak mengindahkan instruksi tersebut, kita buatkan surat pernyataan dan kita proses sesuai aturan yang berlaku,” paparnya

Selain itu terang Alfiadi, pihaknya sudah sama-sama tahu bahwa virus ini sangat masiv penyebarannya di dunia. Pemko Padang sudah mempunyai langkah-langkah dalam pencegahan.

Untuk itu ungkapnya, sekarang yang dibutuhkan kesadaran semua warga. Tidak usah panik, cukup ikuti instruksi yang sudah dikeluarkan dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Padang.

“Kita sama-sama berharap Negara Indonesia aman dari virus corona khusunya Kota Padang. Tentu untuk bisa memutus mata rantai penularan, sangat diperlukan kerja sama semua pihak, khususnya warga kota Padang, agar tidak mengabaikan instruksi pemerintah dalam pencegahan ini. Mari kita jalankan saja intruksi yang sudah dikeluarkan,” sebutnya.
Rutin Patroli

Sementara itu, untuk mengawal kebijakan Pemko dalam pencegahan penyebaran virus corona, Satpol PP bersama kepolisian beserta TNI kini rutin melakukan patroli. Dalam patroli itu, petugas memberi arahan agar semua pelajar atau masyarakat yang datang ke tempat wisata dan hiburan lainnya untuk pulang isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Petugas kita rutin lakukan patroli pengawasan. Pelajar yang kita temui berkeliaran akan kita suruh pulang,” sebut Alfiadi.

Demikian juga pada tempat tempat hiburan malam. Pada malam hari juga dilakukan patroli ke tempat-tempat hiburan tersebut guna memastikan bahwa tempat itu tidak beroperasi lagi.

“Kedepan setiap malam kita akan cek rutin ke lokasi agar tak ada yang buka,” tandasnya.

Ia mengimbau semua masyarakat untuk jaga dan menyelamatkan diri masing-masing dengan tetap berada di rumah. Seperti yang diketahui, saat ini Pemko Padang serius menangani penyebaran virus corona. Ada beberapa kebijakan yang telah dikeluarkan, Yakni meliburkan aktivitas sekolah, menutup tempat wisata dan tempat hiburan malam.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti menyampaikan masalah wabah Covid -19 saat ini adalah merupakan masalah semua pihak. Dirinya sangat mendukung adanya instruksi Wali Kota Padang Nomor: 556.331/ Disparbud / 2020, yang ditetapkan 22 Maret 2020 tentang penutupan sementara operasional industri pariwisata serta tempat – tempat keramaian.

“Kita dari DPRD Kota Padang tentunya sangat mendukung sekali gerakan cepat untuk pengamanan yang diambil Wako Padang. Mengingat penyebaran virus corona yang semakin mengkhawatirkan dan dalam rangka mengantisipasi serta meminimalisir dampak virus corona di Kota Padang,” ujar kader Gerindra ini.

Ia berharap kepada Satpol PP dapat menjalannya tupoksinya dengan tegas kalau ada yang masih membandel dan tidak mau mengikuti apa yang di instruksikan wali kota.

Ia juga berharap Satpol PP dapat berkoordinasi dengan pihak keamanan lainnya, seperti pihak kepolisian dan TNI. “Seluruh jajaran aparat keamanan diminta untuk memantau dan memastikan pelaku usaha pariwisata dan hiburan tempat keramaian di Kota Padang untuk mematuhi instruksi yang disampaikan Wali Kota Padang,” bebernya.

Elly juga berharap kepada para pelaku usaha untuk mengikuti instruksi Wali Kota Padang tersebut. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional