Close

Capaian Vaksinasi Dosis I sudah 58 Persen di Kota Padang, Lansia masih Takut, Persentase baru 25 Persen

AIA PACAH, METRO–Pemko Padang terus berupaya mencapai target vaksinasi di angka 70 persen hingga akhir ta­hun nanti. Dimana, saat ini capaian vaksinasi ba­ru menyentuh angka 58 persen dari jumlah war­ga Padang yang akan divaksin sebanyak 720 ribu jiwa.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pa­dang, Meilinda menyampaikan angka 58 persen itu adalah vaksin dosis I. Di sisi lain, saat ini untuk lansia tingkat persentase pencapaiannya masih rendah persentasenya yakni 25 persen.

“Penyebabnya, karena kaum lanjut usia masih takut divaksin. Namun begitu, Dinkes terus menge­dukasi Lansia agar mau divaksin Covid-19. Dinkes bersama tenaga medis Puskesmas selalu menge­dukasi manfaat vaksinasi ini,” ujar Meilinda, Kamis (4/11).

Ia menyampaikan, target keseluruhan 70 persen dan langkah agar bisa terpenuhi Dinkes gelar vaksinasi massal dengan melibatkan instansi, lembaga lainnya. Tak hanya itu, di Puskesmas yang ada di Padang, pelayanan juga disediakan untuk vaksin.

“Dengan begitu, jangan menunda lagi. Mari vaksin. Gratis, bawa saja identitas diri dari rumah,” paparnya.

Dia mengimbau jika warga telah disuntik vaksin I, segera untuk disuntik vaksin dosis II. Jika telah di Vaksin, tetap terapkan protokol kesehatan dalam kegiatan. Jangan lengah. “Masker harus tetap pakai, jaga jarak dan cuci tangan,” ucapnya

Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Padang, Azwar Siry mengajak para lansia segera vaksin dan jangan takut. “Saya usianya telah 73 tahun dan sudah vaksin. Alhamdulillah sehat sampai sekarang,” ujar kader Partai Demokrat ini.

Ia meminta RW, RT turun dan rangkul para lansia agar mau divaksin. Jika ragu mereka, berikan pemahaman.

Terpisah, Kepala Pus­kes­mas Andalas, Kecamatan Padang Timur, dr. Mela mengatakan sampai seka­rang jumlah warga yang telah divaksin mencapai 29. 000 jiwa. “Target kita 60.000 jiwa masyarakat divaksin,” ujarnya, Kamis (4/11).

Upaya untuk mengejar capaian lanjutnya pihaknya bersama Babinsa, Ba­binkamtibmas dan lainnya door to door ke rumah warga ajak warga ikut vaksin. “Kita setiap hari turun ke lapangan merangkul semua pihak. Baik itu vaksin I dan ke II. Bagi warga yang belum vaksin mari vaksin. Gratis,” ucapnya.

Ia menyampaikan, warga tak perlu cemas disuntik dan jangan percaya hoaks. Dengan divaksinnya maka imun tubuh akan kuat dan penularan virus dapat dicegah. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top