Menu

Camat Kembangkan Program Kecamatan Bersih

  Dibaca : 39 kali
Camat Kembangkan Program Kecamatan Bersih
FOTO BERSAMA—Camat Rustam bersama jajaran walinagari se Kecamatan Enam Lingkung foto bersama.

PDGPARIAMAN, METRO – Camat Enam Lingkung, Rustam menyatakan jajarannya dewasa ini terus berupaya melahirkan berbagai inovasi dan terobosan baru. Beberapa inovasi dan terobosan penting yang dilakukan pihaknya dari jajaran Pemerintahan Kecamatan Enam Lingkung, diantaranya program kecamatan bersih.

”Program kecamatan bersih ini diantaranya diwujudkan melalui kegiatan goro bersama yang berlangsung secara rutin sekali dalam sebulan. Salah satunya seperti goro pembukaan jalan Toboh Ketek sepanjang 800 meter yang berlangsung baru-baru ini,” kata Camat Enam Lingkung Rustam, kemarin.

Katanya, program kecamatan bersih ini lanjut Rustam juga tidak hanya ditujukan untuk menciptakan kebersihan lingkungan saja, namun juga bersih dari berbagai jenis maksiat, kenakalan remaja dan kriminalitas. Termasuk diantaranya bagaimana menciptakan semangat kebersamaan di tengah kehidupan masyarakat.

Lebih jauh menurut mantan Kadis Koperindag Kabupaten Padangpariaman ini, untuk bisa mewujudkan hal tersebut, pihaknya rutin mengadakan pertemuan dengan segenap stakeholder yang ada di Kecamatan Enam Lingkung. Baik itu dengan tokoh masyarakat, jajaran Pemerintahan Nagari, tokoh pemuda, Bundo Kanduang, jajaran Bamus dan pihak terkait lainnya.

Program inovasi lainnya adalah program Layangpadu, atau layanan langsung terpadu, berupa program jemput bola secara langsung ke masyarakat. “Khusus untuk program Layangpadu ini, didalamnya meliputi 9 jenis layanan. Yaitu mulai dari layanan pencetakan KTP, pencetakan kartu keluarga dan sejenisnya,” terangnya.

Demikian pula layanan pengadaan Surat Nikah bagi pasangan yang belum memiliki surat nikah secara resmi. Dalam hal ini pihaknya menggandeng kerjasama dengan pihak Kantor Catatan Sipil, pihak KUA maupun Dinas Kesehatan Kabupaten Padangpariaman.

”Karena bagi setiap calon pengantin nantinya akan diperiksa terlebih dahulu kondisi kesehatannya. Apakah dia menderita penyakit menular dan berbahaya seperti HIV Aids dan sejenisnya misalnya, sehingga nantinya bisa saja membahayakan atau menular kepada orang lain atau pasangannya,” imbuhnya.

Jenis layanan lainnya sebut mantan Camat Sungai Geringging ini, yaitu layanan pembayaran Pajak Kendaraan kerjasama dengan pihak Kantor Samsat Padangpariaman. Demikian pula layanan BPJS lainnya, hasil kerjasama dengan pihak BPJS.

”Selain itu masih banyak lagi bentuk inovasi lain yang kita lahirkan. Tujuannya tentu tak lain bagaimana nantinya kita bisa mewujudkan semua program yang ada secara tuntas. Baik itu dari sisi pengurusan administrasi kartu kependudukan, atau administrasi surat penting lainnya. Demikian pula tuntas dalam hal kesehatan masyarakat, terwujudkannya taraf kesejahteraan masyarakat serta terwujudnya masyarakat pintar yang berdaya secara pendidikan dan lain sebagainya,” terangnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional