Menu

Calon Tulang Punggung Timnas di Piala Dunia U-20 2021

  Dibaca : 113 kali
Calon Tulang Punggung Timnas di Piala Dunia U-20 2021
Amiruddin Bagas Kaffa

JAKARTA, METRO
Kesungguhan PSSI menatap Piala Dunia U-20 2021 perlahan terlihat. Mulai dari infrastruktur hingga sumber daya manusia untuk turnamen tersebut telah disiapkan. Para pemain pun lambat laun mendapatkan kesempatan bermain di Shopee Liga 1 2020.

Timnas Indonesia yang akan bermain di Piala Dunia U-20 adalah level U-20. Artinya, para calon tulang punggung tim berjulukan Garuda Muda tersebut masih berusia belasan tahun. Umumnya, mayoritas dari kisaran usia ini masih bermain untuk Sekolah Sepak Bola (SSB) atau berkiprah untuk klub-klub di Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16 dan U-18.

Sebagai persiapan untuk Piala Dunia U-20 2021, PSSI telah mengirimkan Timnas Indonesia U-19, yang kelak akan berganti menjadi U-20, ke Thailand untuk menggelar pemusatan latihan (training centre) pada Januari lalu. Selain itu, masih ada potensi-potensi menjanjikan dari skuat Garuda Select U-18 yang saat ini masih menimba ilmu di Inggris.

Seperti dilansir Bola.com, tiga pemain calon pilar Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2021 telah mencatatkan menit bermain di Shopee Liga 1. Satu di antaranya ialah Rizky Ridho Ramadhan, wonderkid Persebaya Surabaya.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, memainkan Rizky Ridho pada pekan kedua saat melawan Persipura Jayapura. Sayang, penampilan bek berusia 18 tahun ini ternoda karena timnya kalah 3-4. Gagal membendung kegarangan Persipura, Aji tak menyalahkan Rizky Ridho dan tetap memujinya.

“Sebenarnya Rizky Ridho tampil sangat bagus menurut saya. Tapi kami banyak maju ke depan karena kami sudah tidak ada pilihan lain, kami sudah tertinggal. Untuk mengejar ketertinggalan anak-anak banyak maju ke depan,” ujar Aji.

Selain Rizky Ridho, Persebaya masih mempunyai anggota Timnas Indonesia U-19 era Fakhri Husaini pada 2019 semisal Ernando Ari Sutaryadi dan Mochammad Supriadi. Namun, keduanya belum diberikan debut di Shopee Liga 1.

Alfeandra Dewaangga
Selain Rizky Ridho, Alfeandra Dewaangga juga mulai dipercaya PSIS Semarang untuk bertanding di Shopee Liga 1. Bek berusia 18 tahun ini telah mencatatkan dua penampilan walaupun keduanya berasal dari bangku cadangan.

Dewangga adalah duet sehati Rizky Ridho di Timnas Indonesia U-19 era Fakhri Husaini. Keduanya juga diboyong oleh pelatih Shin Tae-yong ke Thailand pada TC Januari lalu.

“Soal debut alhamdulillah saya sangat senang dengan debut pertama. Ahamdulillah pada debut pertama bisa membawa PSIS meraih kemenangan melawan Persela Lamongan 3-1. Harapan selanjutnya semoga dapat bermain penuh. Meski saya tahu itu sulit, saya harus bekerja keras lagi,” imbuh Dewangga.

Selain Dewangga, PSIS juga masih punya Kartika Vedhyanto dan Pratama Arhan. Namun, dua bek Timnas Indonesia U-19 saat ini itu masih nihil bermain.

Bagas Kaffa Paling Menjanjikan
Calon tulang punggung Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021 lainnya yang manggung di Shopee Liga 1 adalah Bagas Kaffa. Jika melihat di antara anak-anak seusianya, saudara kembar dari Bagus Kahfi ini paling menjanjikan.

Bagas diplih oleh pelatih Djadjang Nurdjaman sebagai pemain inti pada dua pertandingan terakhir Barito Putera. Bek berusia 18 tahun ini juga selalu bermain penuh.

Bagas bermain impresif di pos bek sayap kanan Barito Putera. Agresivitasnya dalam membantu serangan membuat tim berjulukan Laskar Antasari ini mulai melupakan Gavin Kwan Adsit yang hijrah ke Bali United sebelum kompetisi dimulai. (*/boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional