Close

Calon Penerima Program Rehabilitasi Mangrove, Hermanto Adakan Bimtek

Anggota DPR RI Dapil Sumbar I Drs.Hermanto.

PESSEL, SUMBAR–Fungsi utama mangrove adalah pemecah ombak alami. Dengan ombak yang pecah maka pantai terselamatkan dari abrasi. “Itulah peran mangrove untuk kelestarian lingkungan, menyelamatkan pantai dari abrasi.

Dalam rangka mengingatkan kembali akan pentingnya keberadaan mangrove dalam menye­lamatkan abrasi pantai, Anggota DPR RI Dapil Sumbar I Drs.Hermanto dalam kunjungan kerjanya di daerah pemilihan. Minggu (14/11/2021).

Anggota DPR RI Dapil Sumbar I Hermanto dalam kunjungan kerjanya di daerah pemilihan memberikan pembekalan kepada kelompok calon penerima program rehabilitasi mangrove bantuan pemerintah di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Di saat banyak orang merusak lingkungan, ternyata masih ada orang yang mau beraktivitas memulihkan lingkungan. Kegiatan merehabilitasi mangrove adalah aktivitas memulihkan lingkungan. Mereka yang terlibat dalam upaya pemulihan lingkungan adalah orang mulia,” ujar Hermanto

Ia berharap dengan pembekalan tersebut mangrove yang ditanam nanti berhasil tumbuh untuk pemulihan lingkungan ekosistem hayati dan membe­rikan kemanfaatan kepada masyarakat, dalam sam­butannya pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pem­bangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Daerah di lokasi konservasi penyu Nagari Amping Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan,

Mangrove yang berhasil tumbuh subur, lanjutnya, akan menjadi sarang sekaligus tempat bertelur ikan. “Ikan akan berkembangbiak disana. Semakin luas cakupan mangrove maka akan semakin banyak ikannya,” ucap Hermanto.

“Kalau banyak ikan di pesisir pantai maka para nelayan tidak usah jauh-jauh mencari ikan ke tengah laut. Ini nilai ekonomi mangrove bagi masyarakat pesisir”, pungkas legislator dari Komisi IV DPR RI ini.

Kegiatan bimtek yang diselenggarakan oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) bekerjasama dengan Komisi IV DPR ini diawali dengan penanaman bibit mangrove di lokasi kegiatan. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Pokja Rehabilitasi Mangrove Sumatera Onesimus Patiung, Kepala BPDASHL Agam Kuantan Nursida  serta tiga tokoh Pesisir Selatan Efrianto, Irwan Gunawan, Efrianto dan Eko Kurniawan. ( rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top