Menu

Cabor Bola Tangan, Siap Warnai Olahraga Sumbar

  Dibaca : 121 kali
Cabor Bola Tangan, Siap Warnai Olahraga Sumbar
SOSIALIASI—Ketum ABTI Sumbar, Suhatri Bur memberikan pengarahan kepada para peserta sosialisasi.

PADANG, METRO–Pengprov Asosiasi Bola Tangan Indonesia (A­B­TI) Sumbar terus me­ngepakan sayapnya untuk mengembangkan roda organisasi. Digelarnya kompetisi bola tangan tingkat Sumbar tahun depan, menjadi target yang akan dicapai ABTI Sumbar.

Karena itu, Pengprov ABTI Sumbar, mulai me­lakukan sosialisasi regulasi organisasi dan pelatihan kepada Pengcab ABTI yang ada di kabupaten dan kota di Sumbar yang dilaksanakan di Pantai Ujung Batu, Sabtu (7/8).

“Jika tidak ada pandemi Covid-19 tahun depan, ka­mi di jajaran pengurus bertekad untuk menggelar kejuaraan bola tangan ting­kat Sumbar tahun depan. Karena itulah kami mulai melakukan sosialisasi dan pelatihan bola tangan ke Pengcab kabupaten/kota,” ujar Ketum ABTI Sumbar, Suhatri Bur saat membuka sosialisasi dan pelatihan, kemarin.

Dia juga tidak menam­pik jika olahraga bola ta­ngan merupakan sesuatu yang baru bagi masya­rakat Sumbar. Untuk itu, pihaknya terus berupaya untuk mensosialisasikan keberadaan cabang olah­raga (Cabor) tersebut ke seluruh lapisan masya­rakat Sumbar.

Sehingga cabang tersebut, bisa menjadi olahraga masal seperti cabang se­pak­bola, voli atau bola basket. Tak hanya itu, olahraga ini juga sangat mudah untuk dimainkan, atau ham­­pir sama dengan permainan bola basket. Ha­nya saja jika olahraga bola basket menggunakan ring, bo­la tangan menggunakan tangan.

Kemudian, alasan lainnya yang membuat pengurus terus berupaya untuk mensosialisasikan cabang tersebut, karena cabang ini sudah mendapat lampu hijau untuk dipertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) berikutnya, baik untuk beach ataupun untuk indoor. Ini setelah menjadi cabang eksibisi saat Porprov di Padangpariaman pada 2018. Menariknya lagi, olahraga tersebut juga sudah di­pertandingkan di olimpiade.

Bagi Sumbar sendiri, juga sudah berhasil meloloskan atletnya ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan dipertandingkan di Papua pada 2-15 Oktober mendatang.  “Ka­mi berharap cabor bola tangan bisa menyumbang emas di PON nanti, apalagi tim kami juga diperkuat oleh pelatih berlisensi internasional, yakni coach Kadir,” sebut Suhatri Bur.

Waka V KONI Sumbar, BM Satria Dwi Putra me­ngaku, optimistis cabang olahraga tersebut mampu berkembang dengan baik. Dengan adanya sosialisasi ini, masing-masing Pengcab nantinya, diharapkan bisa mengembangkan o­lah­raga bola tangan di da­erahnya masing-masing.

“Dengan adanya sosialisasi ini, semua Pengcab tentunya bisa mendorong perkembangan olahraga bola tangan di daerahnya. Dengan demikian, harapan pengurus untuk bisa me­laksanakan kompetisi bola tangan tahun depan, da­pat terwujud,” ujar Satria.

Dikatakannya, cabang bola tangan saat ini, juga sudah mendapat duku­ngan penuh dari berbagai daerah. Seperti Kota Pa­dang dan Pasbar misalnya, di mana Ketum yang juga anggota dewan, sudah me­mastikan dana pokirnya untuk perkembangan olah­raga tersebut.

Sekum ABTI Sumbar, Septri menjelaskan, selain itu, pihaknya juga berencana untuk menjadikan cabang olahraga bola tangan ini untuk bisa masuk program ekstrakokurikuler di sekolah. Sehingga juga bisa memunculkan atlet pelajar yang berkompeten.

“Kami juga sudah me­rencanakan cabang bisa masuk ekstrakokurikuler di sekolah. Inilah nantinya yang kami harapkan dari masing-masing Pengcab untuk bisa memperlihatkan peranannya dalam membangun olahraga bola ta­ngan ini,” jelas Waketum IV KONI Sumbar tersebut.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandata­nganan kerja sama dengan Fakultas Ilmu Keolah­ra­gaan (FIK) UNP yang diwakili Donny, baik dalam bidang kesehatan dan ilmu keolahragaan. (rel/heu)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional