Menu

Buya Mahyeldi, Mendengar dan Menjadi Solusi untuk Sumbar

  Dibaca : 225 kali
Buya Mahyeldi, Mendengar dan Menjadi Solusi untuk Sumbar
BERDIALOG— Mahyeldi bersama warga Koto Salak, Dharmasraya saat bersilaturahmi dan berdialog untuk pembangunan Dharmasraya dan Sumbar ke depan.

DHARMASRAYA, METRO
Calon Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) H Mahyeldi Ansharullah SP Dt Marajo tak ingin menyia-nyiakan kesempatan bertemu warga Kabupaten Dharmasraya. Banyak titik yang dikunjungi Buya—sapaan akrab Mahyeldi saat berkeliling Ranah Cati Nan Tigo ini.

Saat bersilaturahmi dengan masyarakat Nagari Ampalu, Kecamatan Koto Salak, Mahyeldi begitu terlihat jiwa kepemimpinannya. Dengan santun Buya mendengarkan satu per satu keluhan warga. Bahkan juga langsung memberikan solusi dan sesekali mengeluarkan candaan ringan.

“Kami mendengarkan aspirasi warga seperti pelebaran jalan di sejumlah titik di Koto Salak. Tentunya ini akan berhasil dengan kolaborasi dan koordinasi antara Pemprov Sumbar dan Pemkab Dharmasraya nantinya. Insya Allah kami bersama Cawagub Audy Joinaldy siap berbuat yang terbaik untuk masyarakat Dharmasraya dan Sumbar umumnya,” kata Mahyeldi yang disebut-sebut memiliki elektabilitas atau tingkat keterpilihan mumpuni ini.

Pada temu ramah yang diadakan di Kafe Family siang itu, Buya Mahyeldi juga mendapatkan aspirasi soal kesejahteraan warga yang menurun saat pandemi Covid-19 ini. “Kami melihat, kondisi warga saat ini semakin sulit saat virus Corona tak tahu kapan berlalu. Semoga Mahyeldi-Audy bisa menjadi solusi,” kata Haji Piyun, tokoh masyarakat Ampalu Koto Salak.

Buya Mahyeldi menyebutkan, meningkatkan ekonomi warga Sumbar pascapandemi Covid-19 menjadi prioritasnya andai terpilih nanti. Mereka telah menyiapkan banyak program untuk meningkatkan ekonomi, seperti peduli UMKM, membentuk 100 ribu wirausahawan atau enterpreneur muda/milenial, serta bantuan-bantuan permodalan yang bisa diakses oleh warga.

“Selain itu Mahyeldi – Audy Joinaldy menyiapkan sektor pertanian menjadi salah satu solusi bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumatra Barat. Pertanian dalam artian luas, persentase masyarakat Sumatera Barat yang ekonominya bergantung pada pertanian mencapai 70 sampai 80 persen, seperti peternakan, perkebunan, pertanian dan kehutanan. Kalau terus dibenahi, akan meningkatkan perekonomian warga,” kata ketua alumni Fakultas Pertanian Unand (AFTA) ini.

Yang pasti, Mahyeldi menanggapi positif terhadap berbagai aspirasi warga Koto Salak ini. “Insya Allah akan kita usahakan karena semua berproses dan tidak bisa instan. Kami bersama Audy akan bekerja maksimal andai terpilih nanti,” kata Mahyeldi yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumbar.

Audy Ajak YouTubers
Sejumlah generasi Milenial dan YouTubers menghadiri talk show interaktif bersama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy, di Cafe Alyos, Nagari Kolak Nan Tuo, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto. Rabu (21/10).

Dalam pemaparannya, Audy mengatakan di era 4.0 industri ekonomi kreatif merupakan salah satu bidang yang membangun perekonomian Indonesia yang harus disokong generasi Milenial. Generasi Milenial merupakan agent of change dalam perubahan di jaman teknologi digital ini,” kata Audy

Di Indonesia, sektor ekonomi kreatif telah berkembang pesat. Pada 2017 misalnya, sektor ini menyumbang Rp 990 triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 17,4 persen dan tahun ini diproyeksikan menyumbang PDB sebesar Rp 1.041 triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 18,2 persen.

Selain itu, Audy akan mengajak para YouTubers Milenials ini untuk membuat konten video yang bertemakan anak muda. “Ajak perwakilan dari lima hingga sepuluh YouTubers aktif perwakilan Solok, Sawahlunto, Sijunjung kita atur waktunya minggu depan,” ucap Audy

Salah Youtubers, Bahrul Fahmi mengharapkan kedepannya agar para anak muda yang tinggal di daerah perkampungan Sumbar diberi pembinaan tentang memahami digitalisasi untuk membantu perkembangan ekonomi kreatif.

“Fasilitasilah atau edukasi kami. Terutama yang berada di daerah pelosok perkampungan agar jadi tahu. Sebagaimana kita ketahui Milenial saat ini sudah harus,” harap Fahmi. (uki)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional