Menu

Butuh Komitmen Bersama, Bupati Padang Paria­man Suhatri Bur: Mewujudkan Nagari Digital dan Wisata

  Dibaca : 45 kali
Butuh Komitmen Bersama, Bupati Padang Paria­man Suhatri Bur: Mewujudkan Nagari Digital dan Wisata
RAPAT SOSIALISASI—Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur,S.E.,M.M. usai rapat sosialisasi pengembangan desa digital dan desa wisata.

PDG.PARIAMAN, METRO–Bupati Padang Paria­man Suhatri Bur,S.E.,M.M. membuka Rapat Sosia­lisasi Pengembangan Desa Digital dan Desa Wisata pada Kamis (15/01) di Hall Kantor Bupati Padang Pa­ria­man. Kegiatan ini dilak­sanakan atas kerjasama antara Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Ter­tinggal dan Transmigrasi,  Kementrian keuangan RI, Kementrian Komunikasi dan Informatika, dan Ke­mentrian Dalam Negeri.

Suhatri Bur dalam sam­butannya mengatakan,  ke­giatan ini merupakan tin­dak lanjut dari salah satu program prioritas pem­bangunan di desa sehing­ga implementasi dan pe­ngem­bangan desa wisata dan desa digital mutlak dilaksanakan. Tidak hanya itu kegiatan ini hendaknya tidak sekedar sosialisasi saja namun juga langsung mengambil langkah lanjut sehingga nagari digital dan desa wisata di Padang Pa­ria­man dapat berkompetisi dan bersaing serta dikenal baik tingkat Provinsi Su­matra Barat hingga Na­sional bahkan mancane­gara, ini juga guna untuk memajukan nagari sehing­ga dapat meningkatkan pendapatan nagari melalui kunjungan wisatawan man­ca­negara.

“Tujuan pembangunan berkelanjutan di era globa­lisasi ini lebih menekankan pada keterbukaan dan ke­mu­dahan akses, terutama dalam integrase ilmu dan teknologi, khususnya tek­nologi informasi menuntut kita lebih bersinergi dan professional dalam melak­sanakan pembangunan, baik tingkat kabupaten, kecamatan, nagari, dan pelaku-pelaku pemba­ngu­nan dengan status sebagai mitra pemerintah daerah. Prioritas pembangunan di nagari, terdapat empat model desain Nagari digital yang diterapkan yak­ninya digitalisasi untuk penyusunan database na­gari, digitalisasi untuk pe­ngem­bangan nagari ung­gulan, digitalisasi untuk mempercepat pelayanan pemerintah nagari kepada masyarakat nagari, digi­talisasi untuk peningkatan transparansi keuangan dan kegiatan pem­ba­ngu­nan nigari,”sebutnya.

Kepala DPMD Er­man,­S.Sos.,M.M. dalam lapo­rannya mengatakan mak­sud pelaksanaan kegiatan pengembangan desa wisa­ta dalam rangka mem­berikan gambaran dan kon­sep tentang desa wisata dan desa digital yang ber­tujuan untuk memper­ke­nal­kan konsep desa wisata dan terintegrasi dalam upaya menyokong pening­katan perekonomian ma­syarakat

“Pentingnya desa digital dalam pelayanan publik untuk memahami pengem­bangan desa digital dan lahirnya komitmen stakeholder terkait dalam men­suk­seskan desa digital dan berkelanjutan. Peserta be­ra­sal dari diskomin­fo, Dis­parpora, bagian humas, dan nagari yang berjumlah 120 orang,”ungkapnya

Rapat sosialisasi ini dimoderatori oleh Ir. Is­kan­dar, M.M. dengan nara­sum­ber Agus Kun­co­ro,­S.Sos.,M.Si, Budio Winar­to,S.H.,M.Si., Danny Ja­nua­risman,S.T., Simon Ma­­karios Aruan, dan Di­rektur Dana Transfer U­mum Ke­mentrian Ke­ua­ng­an. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional