Close

Bus Putra Inhil Picu Tabrakan Beruntun, Seuruduk 5 Kendaraan di Jalan Raya Padang-Bukittinggi

KECELAKAAN— Kondisi Bus Putra Inhil yang menabrak lima kendaraan akibat rem blong di Padang Luar, depan Sanjai Mananti, Kabupaten Agam.

BUKITIINGGI, METRO–Kecelakaan beruntun yang melibatkan enam ken­­daraan terjadi di Jalan Raya Padang-Bukittinggi, tepatnya di Padang Luar KM 4, depan Sanjai Mananti, Kabupaten Agam, Rabu (20/10) sekitar pukul 09.30 WIB. Beruntung, dalam kecelakaan beruntun itu tak menimbulkan korban jiwa.

Hanya saja, insiden itu membuat jalur yang dikenal padat kendaraan tersebut menjadi macet parah. Pasalnya, kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun menutup badan jalan, ditambah lagi kejadiaan bertepatan dengan hari pasar. Hingga siang, kendaraan-kendaraan itu baru bisa dievakuasi Polisi.

Satu persatu kenda­raan yang ringsek karena bertabrakan, dievakuasi oleh Unit Lakalantas Polres Bukittinggi. Selain itu, untuk mengurai kemacetan, Polisi pun melakukan rekayasa lalu lintas dengan buka tutup selama proses evakuasi berlangsung.

Kanit Laka Satlantas Polres Bukittinggi, Iptu Ikhsan mengatakan, kecelakaan beruntun melibatkan enam unit kendaraan, di­duga karena Bus Putra Inhil Nopol BH 7377 AU mengalami rem blong hingga menabrak lima kendaraan lainny. Kecelakaan  mengakibatkan kemacetan panjang karena bus pariwisata harus dievakuasi lebih kurang selama empat jam.

“Bus Bus Putra Inhil yang mengalami rem blong ini menabrak beberapa kendaraan yaitu sebuah truk, bus kampus, bus pariwisata, minibus jenis avanza dan brio,” kata Ikhsan di lokasi kejadian.

Ditambahkan Iptu Ikhsan, dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa da­lam kecelakaan beruntun tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah karena kerusakan beberapa unit mobil. Menurutnya, yang paling parah adalah mobil jenis brio.

“Terkait kasus tabrakan beruntun ini, kita sudah melakukan olah TKP dan melakukan pemeriksaan saksi-saksi. Seluruh kendaraan yang terlibat laka ini juga diamankan sebagai barang bukti. Kita akan melakukan penyelidikan lebih jauh dengan kejadian ini,” ungkapnya.

Iptu Ikhsan menjelaskan, kronologinya,  Bus Putra Inhil itu datang dari arah Padangpanjang dan mendadak mengalami me­sin mati kemudian menabrak beberapa kendaraan di depannya.

“Bus ini kemudian terhenti di tengah jalan dan harus dievakuasi bersama-sama agar kendaraan lain bisa lewat, ditambah dengan hari pasar yang membuat macet bertambah parah di Padang Luar ini. Proses evakuasi dibantu oleh kendaraan besar lainnya untuk menarik bus pariwisata yang melintang di tengah jalan,” pungkasnya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top