Close

Bus ALS Rute Medan – Semarang Terbakar, 46 Penumpang, Sopir dan Kernet Selamat

TERBAKAR— Kondisi bus ALS rute Medan-Semarang yang terbakar di jalinsum , Kabupaten Sijunjung, Jumat (13/5) pagi.

SIJUNJUNG, METRO–Bus Antar Lintas Sumatera (ALS) rute Medan-Semarang terbakar di kawasan Bukit Tanjung Lolo, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (13/5) sekitar pukul 09.10 WIB.

Bus yang mengangkut 46 penumpang ini diduga terbakar akibat terjadinya korsleting listrik hingga menyebabkan bagian bela­kang bus terbakar. Berun­tung hal ini cepat diketahui oleh sopir dan langsung mememinta para penum­pang untuk turun dari bus.

Setelah para panum­pang turun, api dengan ce­pat membesar dan mem­bakar seluruh bagian bus hingga tidak satupun ba­rang bawaan penumpang yang tertinggal di dalam bus bisa diselamatkan.

Api berhasil dipadam­kan setelah dua unit armada pemadam kebaka­ran datang ke lokasi. Usai dipadamkan, polisi dari Satlantas Polres Sijunjung langsung melakukan pe­nyelidikan lebih lanjut.

Perihal kejadian ini di­be­narkan oleh Kapolres Sijunjung AKBP Muham­mad Ikhwan Lazuardi me­lalui Kasubag Humas AKP Nasrul Nurdin. Menurut­nya, Kebakaran Bus ALS ini disebabkan oleh mesin mobil yang meledak. Bus dengan Nopol BK 7815 LC dengan rute Medan- Sema­rang itu tiba-tiba terbakar saat melaju di Jalinsum.

“Sebelum terbakar di Jalinsum Sijunjung, bus ALS yang mengangkut 46 pe­numpang dan empat orang sopir serta kernet itu, sem­pat berhenti di Solok sebe­lum melanjutkan per­ja­la­nan menuju Sema­rang,” ujar AKP Nasrul Nurdin

Dikatakannya, bus ter­sebut sempat menepikan kendaraan saat menge­tahui adanya kebakaran pada mobil.

“Kebakaran diketahui saat asap memasuki ba­gian da­lam bus, sopir sem­pat me­nepi dan semua pe­numpang langsung turun. Api dengan cepat mem­besar sehingga barang milik penumpang banyak yang tidak bisa ter­sela­matkan,” tuturnya.

Menurut keterangan sopir atas nama Muhamad Iqbal Lubis (52) asal Me­dan, api berasal dari kap mesin belakang carter dan langsung meledak, melihat gumpalan asap masuk ke­dalam bus melalui saluran AC, pengemudi menepi­kan kendaraan dan mem­beritahukan kepada pe­num­pang sebanyak 46 orang untuk segera turun.

“Penumpang dieva­kua­si menggunakan mobil Patroli Polsek Tanjung Ga­dang dan Polsek Kamang Baru ke rumah makan per­wa­kilan bus ALS di Sialang, Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya,” terangnya.

Kebakaran bus ALS yang dikemudikan Muham­mad Iqbal Lubis (52) terse­but terjadi sekitar pukul 08.40 WIB. “Hingga kini kejadian kebakaran bus ALS tersebut masih dita­ngani oleh Satlantas Polres Sijunjung untuk proses le­bih lanjut,” tambahnya.

Sementara itu, Plt.Ka­sat Pol PP dan Damkar Sijunjung, M.Suhril menga­takan pihaknya langsung turun ke lokasi setelah mendapat laporan. Api bisa dipadamkan setelah dua unit mobil pemadam keba­karan dari posko Tanjung Gadang dan Kamang Baru sampai di lokasi kejadian.

“Kita mendapat infor­masi sekitar pukul 08.45 WIB, sampai di lokasi pukul 09.05 WIB dengan menge­rahkan dua unit mobil pe­ma­dam. Sedikit terlambat karena informasi yang kita terima juga terlambat. Pro­ses pe­ma­daman berjalan lancar,” tutur Kasat Pol PP dan Dam­kar Sijunjung. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top