Menu

Bupati Terpilih Tetap Lanjutkan Rencana Pembangunan 2005-2025

  Dibaca : 80 kali
Bupati Terpilih Tetap Lanjutkan Rencana Pembangunan 2005-2025
SERTIJAB— Bupati Solok Gusmal serah terima jabatan kepada Sekab Aswirman selaku Plh Bupati Solok.

Dihari terakhirnya menjabat sebagai Bupati Kabupaten Solok, Gusmal menginginkan pemerintahan selanjutnya tetap fokus pada pembangunan jangka panjang 2005-2025. Hal ini mengingat dan menimbang, agar pembangunan di Ranah Marqisa ini tetap pada tujuan yakni menjadi kabupaten terbaik dari yang baik di Sumbar.

“Jika menilik pada rencana pembangunan jangka panjang 2005-2025, artinya ada satu RPJMD lagi, atau satu periode lagi bupati terpilih Pilkada 2020, yang akan menjalankan rencana pembangunan jangka panjang,” ujar Gusmal, saat serah terima tugas dari Bupati Solok 2016-2021 kepada Sekkab Solok, Rabu (17/2).

Ia menjelaskan, sebagai pemerintahan di tingkat daerah sudah melalui beberapa hal dalam menjalankan pembangunan. Pembangunan utama yaitu RPJMD yang ketiga dalam kurun waktu jangka panjang 2005-2025. “Pembangunan jangka panjang daerah itu hanya satu motornya menjadi kabupaten baik dari yang terbaik yang dilahirkan dengan Perda Nomor 4 tahun 2005,” tambah Gusmal.

Selama pemerintahan berjalan kurun 2016-2021, menurutnya, tidak ada program yang menyimpang dan semua program dimasukkan ke dalam format 4 pilar pembangunan. Menurutnya, selama periode itu, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Solok cukup bagus, yakni konsisten diangka 5 persen setiap tahunnya, artinya hal itu juga sudah melampaui pertumbuhan ekonomi nasional.

Tak hanya itu, Ia menyebut, tapabilitas aparatur pemeriksa internal pemerintah sekarang sudah berada pada level 3 dan nanti akan juga ada penghargaan, level 3 sudah merupakan indikator RPJMD yang sudah tercapai.

Tak hanya itu, Gusmal berharap program Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP) tetap berjalan secara berkelanjutan. Untuk diketahui, SUBP merupakan program unggulan Gusmal pada periode keduanya sebagai Bupati.

Program SUBP tidak menghilangkan kurikulum resmi yang berjalan, hanya saja pihak sekolah menambahkan beberapa pelajaran yang berkaitan dengan keagamaan Islam, untuk peserta didik muslim tentunya.

SUBP juga untuk mempersiapkan agar para siswa bisa memandu kegiatan keagamaan diluar sekolah, dan yang terpenting adalah untuk menyeimbangkan antara pengetahuan intelektual dan keagamaan.

Lebih lanjut, kepada bupati selanjutnya, Ia berpesan bahwa tugas bupati itu sangat berat, harus siap melayani masyarakat selama 24 jam. Ia berharap kepada SKPD dilingkungan Pemkab Solok agar memberikan dukungan yang penuh, sportif, dinamis dan konstruktif, sehingga semua program dan semua yang sudah terencanakan akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Saya selau berdoa agar pemerintahan kedepan agar selalu berjalan dengan baik, ini merupakan harapan saya kepada Sekda sebagai Plh tugas Bupati Solok,” kata Gusmal.

Sementara itu, Sekkab Solok Aswirman, yang akan melanjutkan tugas bupati sebagai Plh Bupati Solok, mengatakan bahwa periode 2016-2021 sudah banyak hal yang telah dilakukan bersama baik itu Forkopimda maupun SKPD, dan banyak hal yang sudah dicapai. “Alhamdulillah kita juga sudah capai 3 tahun berturut-turut opini wajar tanpa pengecualian. Mudah-mudahan tahun sekarang juga dapat kembali,” kata Aswirman.

Lalu, tugas Plh merupakan tugas rutin biasa, Ia mengimbau kepada seluruh SKPD untuk dapat mendukung pemrintahan daerah dan berharap kepada Forkopimda juga mendukung kegiatan pemerintahan daerah. “Ini merupakan tugas berat pada sekda dan kita berharap dukungan kepada seluruh yang terkait dalam menyelesaikan tugas kepemerintahan,” tutup Aswirman.

Ketua DPRD Kabupaten Solok, mengucapkan selamat kepada Plh Bupati Solok Sekdakab Solok Aswirman, dan kedepannya untuk dapat menjalankan tugas Plh bupati sebaik mungkin.

Ia juga mengucapakan selamat kepada Bupati Solok 2016-2021 Gusmal yang habis masa jabatanya, dan telah mengabdikan dirinya selama lima tahun untuk kemajuan kabupaten Solok dengan program-program yang tertuang kedalam RPJMD.

“Masa jabatan ini merupakan proses yang alami sesuai dengan aturan yang berlaku. Atas nama DPRD kabupaten Solok menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bapak Gusmal atas segala prstasi yang telah di perbuatnya untuk kabupaten Solok,” kata Aswirman. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional