Close

Bupati Sijunjung Hadiri Buka Bersama di Kamang Baru, Semua Nagari Ditargetkan Miliki Jamban Sehat

KATA SAMBUTAN— Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin memberikan kata sambutan saat buka bersama dengan para tokoh masyarakat dan wali nagari di Kecamatan Kamang Baru, Minggu (26/5). ( eky prima endo/posmetro)

SIJUNJUNG, METRO – Para tokoh masyarakat dan wali nagari di Kecamatan Kamang Baru menggelar duduk bersama dan berbuka puasa bersama. Kegiatan itu digelar untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama pemuka masyarakat setempat.

Syahbudin Dt. Sinaro atau yang kerap disapa Datuak Abu, mengadakan acara berbuka bersama itu yang juga melibatkan Bupati Sijunjung, Forkopimda, Camat dan wali nagari se-Kabupaten Sijunjung serta tokoh masyarakat Kamang Baru di rumahnya, Telabang Sakti, Minggu (26/5).

Selaku tuan rumah, Datuak Abu mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah menyempatkan diri untuk hadir dalam acara buka bersama. “Kegiatan ini hanya untuk menjalin silaturahmi sesama wali nagari serta untuk memupuk persaudaraan antara pribadi saya dengan Pemkab Sijunjung,” ungkapnya.

Dirinya berharap, rasa kebersamaan dan silaturahmi antara tokoh masyarakat dan pemerintah daerah bisa berjalan dengan lebih baik lagi ke depannya. “Dengan pertemuan ini, rasa kebersamaan kita lebih terjaga,” ujarnya.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin mengajak agar semua amalan yang telah dilakukan menjadi ibadah hendaknya.

“Tidak terasa sudah 21 hari kita menjalani ibadah puasa, mudah-mudahan di penghujung ramadan ini kita terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sesama umat beragama, salah satunya dengan menjaga tali silaturahmi,” ucapnya.

Selain itu, momen tersebut juga dimanfaatkan oleh Yuswir untuk menyampaikan program pembangunan daerah. Salah satunya terkait kondisi sanitasi yang meliputi jamban sehat saat ini masih merupakan masalah yang dihadapi pemerintah maupun masyarakat dalam rangka menciptakan lingkungan yang sehat.

“Saat ini hanya 32 Nagari yang sudah ODF (Open Defecation Free) atau stop buang air besar sembarangan. Masih ada 30 nagari lagi yang harus ODF untuk mencapai 100 persen ODF di Kabupaten Sijunjung,” katanya.

“Untuk itu, kepada seluruh wali nagari berperan aktif dalam membentuk perencanaan dan program strategis demi terwujudnya 100 persen ODF di Ranah Lansek Manih menjelang akhir tahun 2019 ini,” harapnya.

Hadir kesempatan itu, Kepala Bapppeda Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Khamsiardi, Kepala Bagian Humas dan Protokol, Yunani dan Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas, Bobby Roespandi. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top