Menu

Bupati Resmikan Pamsimas Galopoung

  Dibaca : 99 kali
Bupati Resmikan Pamsimas Galopoung
Bupati Resmikan Pamsimas Galopoung

TANAHDATAR, METRO
Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE meresmikan Penyediaan Air dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) kampung Galapoung Jorong Koto Gadang bersamaan dengan acara syukuran Rumah Data dan Alek Prestasi Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Rabu (24/3).

Program Pamsimas merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka penyediaan serta pemenuhan kebutuhan air minum dan sanitasi bagi masyakat di pedesaan yang dilaksanakan oleh Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM).

Di Tanah Datar sendiri program Pamsimas sejak tahun 2018 sampai tahun 2020 sudah terdapat sebanyak 141 lokasi pada 57 Nagari di 14 kecamatan. Di kampung Galapuang Jorong Koto Gadang program Pamsimas diajukan tahun 2017, di tahun 2018 bisa direalisasi, tahun 2019 dilakukan pembebasan lahan sumber mata air, di tahun 2020 dilakukan pengerjaan, hingga tahun 2021 dapat diresmikan

Bupati Eka Putra mengatakan berdirinya Pamsimas di daerah itu, masyarakat tidak lagi mengandalkan Batang Air Sinamar untuk aktifitas Mandi, Cuci dan Kakus (MCK). “Intinya program Pamsimas hadir untuk meningkatkan derajat kesehatan, baik air minum maupun sanitasinya,” ujar Bupati Eka.

“Terwujudnya Pamsimas tersebut masyarakat dapat menjaganya sebaik mungkin, Selain Pamsimas juga ada Rumah Data, mari kita jaga bersama, apa yang telah kita bangun, manfaatkan dengan baik,” ujar Bupati Eka.

Tidak lupa Bupati Eka menyampaikan selamat kepada Nagari Pangian dengan beberapa persetasi yang diraih selama ini, yakni juara I lomba Kampung Keluarga Berencana (KB) tingkat provinsi, Juara III lomba PHBS tingkat provinsi dan juara I lomba KAN berprestasi tingkat provinsi di tahun 2020 lalu.

”Kita apresiasi swadaya masyarakat yang ikut andil dalam pembangunan dan prestasi yang diraih, semoga ke depannya hal ini dapat terus ditingkatkan,” ujar Bupati Eka.

Pengurus KKM program Pamsimas III Galapuang Novarisman mengatakan saat ini tercatat sebanyak 86 rumah yang dihuni lebih kurang 100 Kepala Keluarga (KK) dengan 250 jiwa warga di Galapuang, beberapanya telah memiliki kamar mandi di rumah. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional