Menu

Bupati Resmikan Operasional Masjid Baabul Jannah, Masjid ke-324 di Kabupaten Solok

  Dibaca : 154 kali
Bupati Resmikan Operasional Masjid Baabul Jannah, Masjid ke-324 di Kabupaten Solok
ARAHAN— Bupati Solok Gusmal memberikan arahan saat peresmian Masjid Baabul Jannah.

Bupati Solok H Gusmal meresmikan sarana ibadah Masjid Baabul Jannah di Nagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang. Peresmian ditandai dengan kegiatan Shalat Jumat perdana di masjid tersebut. Ketua Panitia Pelaksana Fadly Novebriko dalam laporannya menyebutkan, keberadaan masjid itu sangat dibutuhkan masyarakat. Selian itu juga sudah ada surat izin melalui SK dari Bupati Solok maka Mushala ini ditingkatkan statusnya menjadi masjid. “Dengan dinaikkan status dari mushalla menjadi masjid, maka masjid ini merupakan masjid yang ke-324 yang ada di Kabupaten Solok,” sebut Fadly.

Sebelum peresmian, sejumlah fasilitas juga ditingkatkan, di antaranya tempat berwudhu. Hal ini guna  memudahkan masyarakat melaksanakan ibadah dan memperoleh nilai ibadah lebih baik. Selain itu juga telah dilakukan renovasi fisik bangunan. Lalu ia juga mengucapkan terimakasih kepada dinas perikanan yang telah memberikan bantuan 1.000 bibit ikan yang telah dilepas di kolam di samping masjid tersebut.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok Alizar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Solok yang selalu memberikan perhatian lebih di bidang agama. Sehingga semakin syiarnya agama Islam di ranah Marqisa ini. Dengan diresmikannya masjid tersebut, maka sekaligus menjadi masjid yang ke-36 di lingkungan Kecamatan Gunung Talang. “Dengan sudah dijadikannya mushalla menjadi masjid, maka untuk ke depan masyarakat sudah dapat melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Baabul Jannah ini,” kata Alizar.

Lalu ia berharap, nantinya Masjid Baabul Jannah dapat mengakomodir kegiatan keagamaan, mulai dari tingkat anak-anak dengan kegiatan baca tulis sampai kegiatan majelis ilmu yang menjadi sarana penambah pengetahuan agama bagi masyarakat.

Bupati Solok H Gusmal dalam arahannya sangat mengapresiasi masyarakat Koto Gadang Guguak yang ingin memiliki masjid. “Pemerintah daerah akan selalu mendukung berbagai kegiatan keagamaan demi kemaslahatan umat. Dengan adanya penambahan masjid ini, Insyaallah akan menambah tingkat jemaah yang melaksanakan ibadah di masjid, terutama  pada pelaksanaan Shalat Jumat,” ujar Gusmal.

Gusmal meminta agar masyarakat menjadikan masjid sebagai salah satu sumber ajaran agama dengan membentuk berbagai kegiatan agama. Selain itu juga meminta agar mengembangkan fungsi masjid sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan bentuk program untuk pengembangan ilmu di masjid.

Karena ia teringat masa kecilnya, dimana saya sering sholat disini, masjid ini merupakan satu satunya masjid di koto gadang Guguak pada waktu itu. Masjid ini berdiri diatas tanah suku supanjang dan saat ini sudah diserahkan kepada pengurus masjid.

Saya ingin masjid ini dibangun kembali yang baru, saat ini Masjid Babbul Jannah menjadi masjid yang ke 3 di koto gadang Guguak, jika nantinya pembangunan masjid ini dilakukan, dirinya siap membantu 4 tiang pembangunan masjid ini secara pribadi,” kata Gusmal.

Sementara itu, Plt Ketua DPRD Kabupaten Solok Renaldo Gusmal mengatakan, pihak DPRD bersama Pemkab Solok selalu bergandengan tangan untuk memprioritaskan pembangunan keagamaan di tengah-tengah masyarakat. “Sudah banyak masjid dan mushalla yang difasilitasi pembangunannya oleh pemerintah daerah dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, dan banyak juga donatur yang mau ikut membangun mesjid di kabupaten Solok ,” terang Renaldo.

Di tengah semakin lengkap dan nyamannya sarana ibadah di Kabupaten Solok , Politisi PAN itu menginginkan keberadaan masjid tidak sekadar untuk kegiatan ibadah rutin. Akan, tetapi juga hendaknya diisi dengan berbagai kegiatan, terutama dalam membentuk karakter generasi muda dengan nilai-nilai agam sehingga menjadi generasi muda yang Qurani. “Masjid harus dijadikan sebagai salah satu basis dalam membentuk karakter generasi muda yang agamais, tangguh dan jauh dari perilaku negatif, masjid yang megah tidak ada artinya bila sepi dari kegiatan keagamaan dan pendidikan,” ujar Renaldo.

Terlihat hadir pada acara tersebut, Bupati Solok Gusmal, Ketua TP PKK kab Solok Desnadefi Gusmal, Ka Kankemenag. H.Alizar Chan, Asisten Ekbangkesra Medison, Kepala SKPD lingkup pemerintah kabupaten Solok, Kabag Humas Syofiar Syam,  Kabag kesra Ahpi Gusta Tusri, Walianagri koto gadang guguak, Charles Camra. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional