Close

Bupati Pringsewu Pelajari e-Voting Pilwana Serentak

PELAJARI--Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak di Kabupaten Agam disigi Pemkab Pringsewu.

AGAM, METRO–Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Serentak di Kabupaten Agam dimulai, Senin (1/11). Pesta demokrasi tingkat nagari ini dijadwalkan akan berlangsung hing­ga sepuluh hari ke depan.

Ada yang istimewa dari pelaksanaan Pilwana hari pertama ini, di mana TPS pemilihan wali nagari secara e-Voting atau pemungutan suara berbasis elektronik itu didatangi Peme­rintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu, Provinsi Lampung.

Kedatangan Pemkab Pringsewu yang dipimpin Bupati Pringsewu, Sujadi itu, bermaksud hendak mempelajari bagaimana melaksanakan pesta de­mokrasi tingkat nagari de­ngan sistem elektronik.

Beberapa TPS didata­ngi langsung oleh Pemkab Pringsewu yang melaksanakan Pilwana hari pertama ini seperti, di Nagari Ge­ragahan, Batukambing, dan Sitalang. “Alhamdulillah, kita bisa langsung menyaksikan pelaksanaan Pilwana di Agam yang digelar secara e-Voting. Ini jadi pembekalan bagi kita untuk gelar pesta demokrasi pa­da 2022 mendatang,” ujar Bupati Pringsewu, Sujadi.

Menurutnya, kunju­ng­an ke lokasi Pilwana serentak di Agam merupakan pembekalan yang sempurna, karena pihaknya bisa melihat secara langsung bagaimana proses pelaksanaan e-Voting ini, serta perangkat digunakan.

“Ini akan kita terapkan di Pringsewu, karena dengan e-Voting kerja jadi efektif dan efisien. Terimakasih pada Pemkab A­gam, terkhusus Bupati A­gam yang telah beri ke­sempatan pada kita untuk mempelajari ini,” sebut Sujadi.

Sementara itu, Bupati Agam, Andri Warman sam­paikan permohonan maafnya pada Bupati Pri­ngsewu, yang tidak bisa mendampinginya dalam mengunjungi lokasi Pilwana, mengingat ada kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan.“Suatu saat kita akan balas kunjungan Pemkab Pringsewu ini,” kata bupati.

Terkait pelaksanaan e-Voting, terangnya, Kabupaten Agam sudah tiga periode gelar Pilwana se­rentak dengan menggu­nakan sistem elektronik, yang di awali pada 2017, 2019 dan terakhir 2021.

“Maka kita ucapkan terimakasih pada Pemkab Pringsewu yang telah ber­kunjung ke Agam, untuk melihat Pilwana secara e-Voting kali ini,” ucap Andri.

Ia berharap, e-Voting jadi tolak ukur dalam me­laksanakan pesta de­mok­rasi di seluruh daerah ke depan, baik dalam maupun luar Sumbar. Sebab keakuratan data melalui sistem elektronik ini terjamin dan jauh dari konflik. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top