Close

Bupati Pesisir Selatan, Terbitkan SK Tanggap Darurat Banjir di Bayang

PAINAN, METRO–Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar me­ng­ungkapkan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi (SDABK) Sumatera Barat siap untuk tanggap darurat banjir di Gunung Cerek dan Koto Berapak Kecamatan Bayang.

Kesiapan itu setelah adanya koordinasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dinas terkait untuk pena­nganan bencana. Pemerintah provinsi meminta pemerintah kabupaten membuat Surat Keputusan (SK) Bupati tentang darurat bencana di kedua titik itu.

”Ya, nanti disiapkan Kepala BPBD Pak Doni Gusrizal. Besok langsung saya teken. Tadi sudah telpon saya,” ungkap bupati saat meninjau lokasi bencana usai memberi kuliah umum wisuda ke-128 UNP di Pa­dang.

Saat kunjungannya bupati menyempatkan untuk bersilaturahmi sekaligus menyerap aspirasi warga setempat yang menjadi korban banjir.

Sementara itu Kepala BPBD Doni Gusrizal me­nyampaikan akibat hujan deras yang terjadi sepanjang Kamis, 21 September memicu banjir di sejumlah kecamatan di Pesisir Selatan.

Selain di Kecamatan Bayang, banjir juga mere­n­dam beberapa titik di Kecamatan Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti, Silaut, Ranah Ampek Hulu Tapan dan Kecamatan Lenga­yang.

Bahkan di Gunung Ce­rek hingga kini air masih terus menggenangi badan jalan. Sementara di Koto Berapak berdampak terhadap putusnya jembatan, sehingga kedua titik itu tidak bisa dilewati kendera­an.

”Ya, saya sudah dapat laporan dari tim reaksi cepat yang waktu kejadian kemaren turun ke titik bencana,” sebutnya.

Dijelaskan untuk Gunung Cerek dan Koto Berapak banjir terjadi akibat luapan Batang Lumpo dan Batang Bayang akibat tidak mampu menampung derasnya curah hujan.

Karena itu normalisasi Batang Bayang dan Batang Lumpo mesti segera dilakukan, sehingga banjir tidak terjadi lagi. Semen­tara kegiatan tersebut masih belum terlaksana, karena sulitnya pengadaan lahan.

”Kami sudah sampaikan tadi ke Pemerintah Provinsi melalui Dinas SDABK. Kita tentu berharap provinsi segera melakukannya, karena itu ke­we­nangan provinsi,” tuturnya.   (*/rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top