Close

Bupati Pesisir Selatan: Kritik Wisatawan Penting bagi Pariwisata Daerah

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar.

PAINAN, METRO–Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat Rusma Yul Anwar menegaskan kritik dan saran masyarakat terkait pengelolaan destinasi selama libur lebaran merupakan masukan berharga dalam mem­bangun pariwisata daerah agar lebih berkualitas.

Menurut bupati kritik dan saran itu harus menjadi masukan bagi dinas terkait guna meningkatkan profesionalitas pengelolaan destinasi. Apalagi untuk jangka panjang pariwisata merupakan salah satu sektor yang diyakini mampu menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi daerah.

”Orientasinya bukan sekedar retribusi, tapi menarik sektor lainnya seperti industri, perhotelan hingga investasi. Atas nama pemerintah kami ucapkan terima kasih atas saran dan kritik pengunjung,” tegas bupati saat apel usai libur lebaran di Painan (9/5).

Apel yang dilaksanakan di lapangan GOR H. Ilyas Yakub itu turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Mawardi Roska, segenap pejabat eselon II dan III serta staf di lingkup Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

Selama musim libur lebaran 1443 Hijriah sejumlah kritik dan saran yang masuk dari wisatawan adalah terkait pengelolaan serta isu pungutan masuk ke masjid terapung. Padahal yang dipungut adalah masuk area wisata, bukan masjid.

Persoalan lainnya adalah terkait tarif parkir, khususnya sepeda motor yang menurut para pe­ngunjung dinilai terlalu berlebihan dan tidak sesuai aturan. Isu tarif makanan yang juga terkesan berle­bihan untuk menu yang disajikan.

Bupati melanjutkan selain itu pemerintah kabu­paten juga menyadari minimnya keterlibatan ma­syarakat setempat dalam pengelolaan destinasi, sehingga berdampak pada kenyamanan pengunjung.

Karena itu ke depan pengelolaan destinasi perlu melibatkan masyarakat yang ada di sekitar kawasan wisata. Selain membantu mewujudkan kenyamanan wisatawan, juga sekaligus sebagai distribusi ke­sejahteraan terhadap warga sekitar.

”Nah, ini harus jadi perhatian kita bersama ke depannya bagaimana pariwisata itu bisa memberikan efek positif yang luas,” tutur bupati.

Pada kesempatan itu menyampaikan pada segenap ASN agar kembali bekerja seperti biasa melayani kepentingan masyarakat dengan baik, usai cuti musim libur lebaran beberapa waktu lalu.

Kemudian menyerahkan bantuan satu unit mobil recue/Mitsubishi Triton 4×4 double cabin dan dua unit mesin perahu 18 PK dengan merk Tohatsu.

 Bantuan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Deputi Bidang Logistik dan Peralatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).  ”Kedua peralatan itu digunakan untuk penguatan kelembagaan BPBD Pesisir Selatan,” ujar bupati didampingi Sekda Mawardi Roska. (rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top