Close

Bupati Pesisir Selatan, Harapkan Keluarga Penerima PKH dan KPM Manfaatkan Bantuan Sebaiknya

PESSEL METRO–Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, didampingi Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pessel, Wendra Rovikto, bersilahturami bersama keluarga penerima bantuan manfaat dan keluarga penerima Program Keluarga Harapan ( PKH) , Jumat (16/9/2022 ) di Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pessel, Wendra Rovikto mengatakan, kegiatan pertemuan Program Keluarga Harapan ( PKH), Kecamatan Ranah Pesisir, dilaksanakan setiap bulan kegiatan rutin.

Acara penyaluran penerima Program Keluarga Harapan ( PKH) maupun KPM agar benar – benar tersalurkan tepat sasaran. Dan, Dinas Sosial bersama petugas PKH yang ada di Kecamatan dan Nagari akan melakukan pengawasan.

” Pemkab Pessel, melalui Bupati Pessel saat ini focus dan komitmen dalam hal Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan, ” ungkap Kadis Sosial Pessel.

Wendra berharap pada penerima PKH benar – benar bisa menggunakan bantuan PKH untuk keperluan sebaik – baiknya,. Selain itu, pada petugas PKH bisa ikut melakukan pendamping kasus stunting, agar kasus stunting di Kabupaten Pessel bisa ditekan dan menurun.

Sementara itu Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, dalam arahan nya sangat bangga bisa bertatap muka dan bersilahturahmi dengan warga penerima Program Keluarga Harapan ( PKH), Kecamatan Ranah Pesisir.

” Pemda Pessel, akan focus bantu melayani masyarakat butuh bantuan, dan masyarakat butuh pelayanan, ” ucap Rusma Yul Anwar dihadapan ratusan gabungan keluarga penerima manfaat ( KPM) dan PKH Kecamatan Ranah Pesisir.

Disampaikan Bupati, pemerintah daerah, Pesisir Selatan akan menjaga amanah dan kepercayaan dari masyarakat Pesisir Selatan, untuk itu mengenai Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan tetap menjadi komitmen nya.

Untuk pendidikan, Pemkab Pessel saat ini mengratiskan biaya SPP ( SD dan SMP). Tidak ada lagi pungutan apapun disekolah, karena hal tersebut telah ditanggung pemerintah daerah Pesisir Selatan.

Sementara itu untuk pendidikan ditingkat SMA – SMK kewenangan berada di Provinsi. Namun begitu, pemerintah daeah melalui Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan untuk melakukan pendataan terpadu kesejahteraan sosial, kelompok kurang mampu. Untuk kemudian data tersebut disampaikan ke pemerintah provinsi.

Untuk kesehatan, Pemerintah Daerah juga telah mengalokasikan anggaran Rp. 4,3 miliar untuk warga tergolong kurang mampu . Dengan, membawa surat pengantar dari Walinagari ( surat tidak mampu) kemudian dan surat dari dinas sosial, biaya di rumah sakit di bayar pemerintah setempat.

Kedepan agar semua masyarakat di Pesisir Selatan mendapatkan hak yang sama, pemerintah daerah tahun 2023 akan menyiapkan 1 Nagari satu orang petugas sensus pendataan masyarakat kurang mampu. ( Kesejahteraan)

Dan, tugas dari petugas sensus di Nagari – Nagari nantinya melakukan pendataan pelajar di wilayah yang berasal dari keluarga kurang mampu, data lansia belum memiliki BPJS dan mendata masyarakat belum memiliki rumah.

” kita berharap antara petugas sensus pendataan masyarakat kurang mampu. Petugas PKH dan TKSK harus berkerjasama, agar bantuan diberikan nantinya tidak meleset dan tepat sasaran, ” ungkap Bupati.

Lebih lanjut Bupati Pesisir Selatan berharap agar bantuan ekonomi diserahkan oleh pemerintah bisa digunakan sebaik – baiknya untuk dipergunakan hal – hal utama.

Dengan bantuan tersebut minimal bisa merubah ekonomi masyarakat, dan bantuan dari pemerintah bisa bisa disalurkan pada saudara – saudara kita yang membutuhkan juga.

Terakhir dalam arahan nya, Bupati Pessel Rusma Yul Anwar mengajak masyarakat bisa meluangkan waktu untuk memanfaatkan pekarangan ada dirumah, untuk menanam beberapa tanaman, seperti bawang, cabe dan sayur – mayur.

Acara pertemuan gabungan keluarga penerima manfaat ( KPM) dan Program Keluarga Harapan (PKH), pagi itu digelar di dua lokasi, lokasi pertama pukul 09.30 Wib bertempat obyek Wisata Pantai Sumedang Jaya Wisata, Nagari Nyiur Melambai, terdiri dari Nagari Nyiur Melambai, Nagari Sungai Tunu Utara, Nagari Sungai Tunu Barat.

Lokasi kedua, Bupati Pessel melanjutkan pertemuan gabungan keluarga penerima manfaat ( KPM) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Lubuk Cubadak Pelangai Kaciek, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan. Ikut juga bersama Bupati, Ketua Tim Penggerak ( TP) PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Titi Rusma Yul Anwar.

Dihadiri juga Camat Ranah Pesisir Iskandar, Wali Nagari Se – Kecamatan Ranah Pesisir. Serta para pendamping PKH di Kecamatan Ranah Pesisir.

Kedatangan Bupati, bersama Ketua Tim Penggerak ( TP) PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Titi Rusma Yul Anwar, mendapatkan sambutan dari emak – emak. ( Rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top