Menu

Bupati Pasaman Tinjau Proyek Bersumber dari DAK

  Dibaca : 56 kali
Bupati Pasaman Tinjau Proyek Bersumber dari DAK
TINJAU— Bupati Pasaman Benny Utama saat meninjau pembangunan proyek dinas kesehatan Pemkab Pasaman.

PASAMAN, METRO–Sejumlah proyek pem­bangunan yang ber­sum­ber dari Dana Alokasi Khu­sus (DAK) APBD Kabu­paten Pasaman dan APBN tahun 2021, yang berlokasi di Kecamatan Lubuk Sik­a­ping ditinjau Bupati Pasa­man Benny Utama, Selasa (24/8) sore kemarin. Saat peninjauan proyek DAK pembangunan gedung la­boratorium Kesehatan Da­erah di Dalik, Nagari Air Manggis, Bupati Benny U­ta­ma meminta agar reka­nan kontrakror lebih mem­percepat progres peker­jaan. Sebab dari jadwal yang ada, terdapat keter­lambatan dari bobot peker­jaan yang seharusnya.

Kepala Dinas Kese­ha­tan Pasaman, Desrizal yang turut mendampingi bupati menyebutkan, pem­bangunan gedung labor Kesda ditargetkan siap per-tanggal 5 Desember 2021, sesuai kontrak kerjanya.

“Masih ada sisa waktu pelaksanaan tiga bulan lebih, dan kita berharap proyek ini dapat selesai sesuai batas akhir kontrak, tanggal 5 Desember de­pan,” kata dia.

Selanjutnya, proyek pe­ngen­daliaan banjir Batang Sumpur Nagari Jambak, Kecamatan Lubuk Sikaping yang didanai APBN melalui PPK Sungai dan Pantai I SNVT Provinsi Sumatera Barat tahun 2021, turut ditinjau bupati.

Dalam proyek Batang Sumpur Jambak ini, tam­pak aktifitas pekerjaan mu­lai menggeliat. Namun, kepada pelaksana proyek ditegaskan bupati agar betul-betul menjaga kua­litas dan mutu pekerjaan. “Aliran sungai Batang Sum­pur tidak stabil, apalagi di saat musim hujan, jadi tolong dijaga betul mutu dan kualitasnya,” tegas Bupati..

Menurut pengawas Di­nas PU Kabupaten Pasa­man Ade Chanda, fisik pe­ker­jaan proyek pengen­dalian banjir Batang Sum­pur Jambak berupa pem­bangunan dam beton pe­ngaman bibir sungai se­panjang 1.600 meter (kiri – kanan).

Pekerjaan dibagi da­lam enam kelompok kerja, de­ngan rata-rata jumlah seg­men sepanjang 100 meter,” ujar Ade Chanda, sembari menegaskan tidak ada ken­dala, proyek ini akan siap di akhir tahun 2021.

Tokoh masyarakat Na­gari Jambak, Datuak Rang­kayo Basa yang dijumpai di lokasi, menyatakan sangat mendukung dan berterima kasih atas terealisasinya proyek pengendalian ban­jir batang sumpur Nagari Jambak.

Dia menyebutkan, da­erah mereka tiap tahun senantiasa menanggung akibat dari luapan Batang Sumpur, yang merusak rumah dan lahan pertanian masyarakat Jambak. “Su­dah bertahun-tahun kami menunggu proyek ini, dan alhamdulillah baru bisa terealisasi sekarang. Kami tidak ingin ada kendala selama pengerjaanya,” harap ninik mamak Nagari Jambak  (mir)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional