Menu

Bupati Pasaman dan KUA Luncurkan  Kartu Nikah Digital

  Dibaca : 60 kali
Bupati Pasaman dan KUA Luncurkan  Kartu Nikah Digital
Bupati Pasaman, Benny Utama bersama Kepala KUA Lubuk Sikaping, Mukhsinin meluncurkan kartu nikah digital secara perdana di pernikahan Zulfihar Nasra dan Andam Ar Rahmi.

PASAMAN, METRO–Bupati Pasaman, Benny Utama bersama Kepala KUA Lubuk Sikaping, Mukhsinin meluncurkan kartu nikah digital secara perdana di perni­kahan Zulfihar Nasra dan An­dam Ar Rahmi.

Acara pernikahan itu dilak­sanakan dengan menge­de­pankan protokol kesehatan COVID-19 dan hadiri langsung oleh Bupati Pasaman sekaligus sebagai saksi nikah.

Benny Utama mengatakan kita sangat mengapresiasi adanya kartu nikah digital ini, semoga bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Pemerintah selalu beru­paya maksimalkan layanan dan memudahkan kepengu­rusan administrasi kepen­du­dukan.

Sementara Kepala KUA Lubuk Sikaping Mukhsinin me­ngatakan kartu digital ini me­rupakan bentuk layanan prima dan kemudahan bagi ma­sya­rakat, selama ini hanya buku nikah model lama.

Saat ini kita meluncurkan buku nikah terbaru yakni kartu nikah digital dengan kode quick response (QR) yang dapat meng­gunakan bercode atau QR s­can­ner.

Dengan demikian orang yang sudah menikah telah terdaftar secara online melalui aplikasi simkah Kementerian Agama.

Ia mengungkapkan kita juga bisa pengecekan benar­kah mereka berdua benar-benar pasangan suami istri atau tidak, selain itu pengece­kan kapan dan dimana mela­kukan pernikahannya.

Kartu nikah ini juga akan menghindarkan praktik pe­mal­suan dokumen perni­ka­han yang dilakukan oleh pi­hak yang tidak bertanggung jawab.

Program itu merupakan pelayanan administrasi me­nikah terintegrasi dari Keme­n­terian Agama Kabupaten Pasa­man serta terintegrasi dengan Dinas Pendudukan Catatan Sipil.  Selanjutnya manfaat adanya kartu nikah digital tersebut bisa memudahkan pasangan untuk membawa informasi terkait status per­nikahannya saat bepergian. ”Seterusnya mempermudah dilakukan pengecekan ke­ab­sahan pernikahan pasangan suami-istri,” tutup Mukhsinin. (mir)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional