Close

Bupati Padangpariaman Tebarkan Benih Ikan saat Jumat Balega

ARAHAN— Usai shalat Jumat sebelum menebar benih ikan, Bupati Suhatri Bur memberikan arahan.

PDG.PARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan dalam melaksanakan jumat balega dalam Nagari Pasie Laweh, Kecamatan Lubuk Alung mendengar aspirasi masyarakat se­tempat dan tebar benih ikan. “Setiap hari jumat adalah hari yang penuh keistimewaan, di mana beberapa hadits Rasulullah saw menyebutkan di an­tara keistimewaan dan ke­muliaan hari Jum’at ialah diciptakannya Nabi Adam as oleh Allah swt, dimasukkannya dalam sorga, diturunkannya ke dunia dan diterima taubatnya,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.

Katanya, pada hari Jum­’at diwajibkan bagi setiap muslim untuk melaksanakan shalat Jum’at, terutama bagi yang mukallaf, laki-laki, merdeka, tidak sedang musafir, dan tidak dalam keadaan uzur/sakit. Kemudian disunatkan pula bagi kaum muslimin mandi sebelum berangkat ke masjid, bersiwak, memakai pakaian yang baik, berharum-haruman, dan bersegera datang ke masjid.

Di sela-sela kesibukannya, Suhatri Bur bersama rombongan menyempatkan diri melaksanakan iba­dah sholat Jum’at bersama masyarakat Korong Pa­dang Galapuang Nagari Pasie Laweh Kecamatan Lubuk Alung sekaligus men­dengar aspirasi dari warga setempat di Nagari Pasie Laweh. Rombongan Bupati antara lain, Asisten I Rudi Rahmad,  Kadis Dikbud H Anwar, Kadis Perikanan,   Zainil dan tokoh masyarakat H. Wijaya Rah­mad.

Setelah pelaksanakan ibadah sholat Jum’at sembari berkumpul dengan tokoh masyarakat setempat, Bupati menyampaikan beberapa program demi mewujudkan Padangpariaman unggul berkelanjutan, religius, sejahtera dan berbudaya yang lebih akrab disebut Padangpariaman berjaya.

Salah satu pointnya ada­lah Religius, yang bermakna bahwa nilai-nilai agama mendasari setiap sikap dan prilaku dalam kehidupan masyarakat a­tas kebijakan pemerintah dan aktivitas masyarakat, serta terciptanya kebebasan menjalankan agama sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

Bupati menyambut ba­ik masukan dari masya­rakat Korong Padang Ga­lapuang Nagari Pasie La­weh Kecamatan Lubuk A­lung yang diwakili oleh Wali Nagari Fery Adinur Dt Rajo Bulan dan akan se­gera menindaklanjutinya.

Wali Nagari menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati yang sudah memperhatikan pem­ba­ngu­nan jalan di wilayah nagari Pasie Laweh. “Jalan sudah bagus, tidak ada lubang lagi, mewakili ma­syarakat Pasie Laweh me­ngucapkan terima kasih kepada Bupati,” ujarnya.

Datuak Rajo Bulan me­yampaikan agar kebersamaan Bupati yang akrab dengan masyarakatnya untuk selalu terjaga dan juga berpesan kepada Bupati untuk menambahkan beberapa program pembangunan irigasi di wilayah Pasie Laweh.

Bupati menanggapi saran dan masukan dari to­koh masyarakat tersebut dan akan memperhatikan pembagunan jalan di Seluruh Kabupaten Padangpariaman termasuk di da­erah Pasia Laweh dan Kecamatan Lubuk Alung lebih luasnya.

Di sisi lain Bupati me­nyampaikan saat ini Pa­dang­pariaman sudah masuk Level II Covid-19, Ter­konfirmasi sudah sedikit, untuk seminggu terakhir saja sudah melandai bahkan ada data perharinya 0 terkonfirmasi positif Covid-19. Tingkat Vaksinasi sudah mulai menyentuh angka 2 digit, untuk itu Bupati tidak lupa mengajak masyarakat untuk ikut bervaksin terutama.

“Vaksin setelah digiatkan beberapa kali masih di posisi 11,9 %, mohon bantuannya ninik mamak,  alim ulama untuk ikut mensosialisasikan agar mau divaksin, cita-cita kita bersama bisa kembali ke level I,” tutup Suhatri Bur

Jum’at Balega di Masjid Tariqul Jannah, Korong Padang Galapuang Nagari Pasie Laweh Kecamatan Lubuk Alung ditutup deng­an penyebaran benih ikan sebanyak 5.000 benih oleh Bupati dan rombongan pada saluran irigasi di Nagari Pasie Laweh.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top