Menu

Bupati Padangpariaman Ingatkan Inspektorat, Awasi Program Strategis

  Dibaca : 82 kali
Bupati Padangpariaman Ingatkan Inspektorat, Awasi Program Strategis
TERIMA LAPORAN—Bupati Padangpariaman Suhatri Bur saat menerima laporan pengawasan daerah dari Inspektur Hendra Aswara.

PDG.PARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur meminta kepada inspektorat Pemkab Pa­dang­­pariaman agar awasi program program strategis daerah.

Seperti kata Suhatri dana desa dan Bantuan Ope­ra­sional Sekolah (BOS) serta pengangani ovid 19 sangat penting diawasi inspektorat agar tidak muncul persoalan hukum. “Karena itulah saya meminta Inspektorat untuk memonitoring pe­nye­leng­garaan pengawasan daerah dan program strategis pem­bangunan daerah. Dian­taranya terhadap penge­loaan dana desa, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), penanganan Covid-19 dan  pemulihan ekonomi,” kata Bupati Padangpariaman Su­hatri Bur, kemarin.

Meski masa pandemi katanya, akuntabilitas dan transparan harus sesuai ketentuan yang berlaku.

Dia memerintahkan In­spektorat untuk mengawasi penyaluran Bantuan Lang­sung Tunai (BLT) Covid-19. Ia berharap tidak ada pemo­tongan atau pungutan liar yang dilakukan oleh pe­nyelenggara negara.

“Kita ingin memastikan BLT dapat dinikmati oleh masyarakat sehingga dapat memenuhi kebutuhan se­hari-hari. Kita juga BLT ini tepat sasaran dan tidak terlambat salur ke ma­sya­rakat,” ujar mantan Wakil Bupati Periode 2016-2021 itu.

Selanjutnya, Bupati Su­hatri Bur apresiasi In­spek­torat dalam menjalankan program kerja pengawasan ta­hun 2021. Diantaranya Audit, reviu, monitoring, menin­daklanjuti pengaduan ma­syarakat dan program pen­cegahan korupsi dari KPK RI.

Inspektur Hendra As­wara membenarkan telah menerima arahan Bupati Suhatri Bur untuk memo­nitoring pelaksanaan pe­nyaluran BLT dana desa. Hendra mengatakan akan selalu meningkatkan koor­dinasi dengan Dinas Pem­berdayaan Masyarakat De­sa, Badan Pengelolaan Ke­uangan Daerah, Camat dan Wali Nagari.

“Bapak Bupati sangat peduli terhadap masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Tadi Beliau minta Inspektorat memantau pe­nyaluran BLT sampai bulan agustus ini,” kata Inspektur Hendra Aswara.

Sementara Kepala DP­MD Erman mengatakan 103 nagari telah tuntas menya­lurkan BLT Dana desa hingga bulan Juni 2021. Sementara untuk bulan Juli dan Agus­tus, sudah ada sebagian yang telah salur dan sedang proses penyaluran. “Untuk bulan Juli sudah salur 89% dan bulan Agustus ini sudah salur 52%. Kita akan terus genjot nagari untuk per­cepatan penyaluran BLT,” kata Erman.

Diketahui penyaluran BLT Dana desa disalurkan ke masyarakat sesuai data dari Kementerian Sosial. BLT Dana desa sebesar 300 ribu per bulan dan akan disa­lurkan hingga desember nanti.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional