Close

Bupati: Orang Tua Perlu Diedukasi Pentingnya Imunisasi

ARAHAN—Bupati Solok Selatan Khairunas berikan arahan pada OPD terkait untuk ikut menyukseskan bulan imuniasasi anak nasional.

PADANG ARO, METRO–Bupati Solok Selatan Khairunas mengatakan guna menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) maka perlu diberikan edukasi dan pengetahuan kepada orang tua akan pentingnya imuni­sasi.

”Seluruh OPD dan stakeholder terkait mulai dari jajaran pendidikan, kesehatan, sosial, camat, hingga wali nagari harus menyosialisasikan kepada ma­syarakat atau orang tua murid di wilayahnya masing-masing pentingnya imunisasi,” ujarnya.

Dia mengatakan, Solok Selatan punya misi untuk capai target terbaik BIAN di Sumatra Barat dan di minta seluruh unsur kompak menjadi “Super Tim” dalam menyukseskannya. ”Mari kita tingkatkan kepedulian bagi anak-anak dengan ikut memberikan edukasi dan pengetahuan kepada para orang tua tentang pentingnya imunisasi ini,” katanya.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kese­jahteraan Keluarga Solok Selatan Erniati Khairunas mengatakan, berdasarkan data dari Provinsi capaian BIAN di Kabupaten itu masih 43,6 persen atau peringkat ke 13 dari 19 Kabupaten/Kota se Sumatera Barat.

Sedangkan untuk target capaian minimal katanya, harus 95 persen sehingga perlu bekerja lebih keras lagi untuk mencapainya. Dia mengatakan, TP-PKK Solok Selatan telah melakukan tinjauan sekaligus jemput bola kelapangan dan ditemukan beberapa kendala. ”Salah satu kendala yang menghambat capaian BIAN adalah minimnya informasi dan pengetahuan masyarakat terhadap imunisasi,” ujarnya.

Menurut dia, yang paling penting sekarang adalah menggencarkan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya wali murid tentang pentingnya imunisasi dan meyakinkan bahwa imunisasi tidak memberikan efek negatif terhadap anak-anak mereka. ”Masih ada waktu sekitar 15 hari lagi untuk mencapai target BIAN 95 persen di Solok Selatan dan perlu gerak cepat serta kerja keras dan kerja nyata,” ujarnya.

Selain itu, diperlukan komitmen seluruh elemen masyarakat hingga pemerintahan nagari agar waktu yang tersisa bisa dimaksimalkan untuk mencapai target BIAN di Kabupaten Solok Selatan. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top