Menu

Bupati Nyatakan, Ulakan Jadi Wisata Religius

  Dibaca : 212 kali
Bupati Nyatakan, Ulakan Jadi Wisata Religius
BERSAMA—Bupati Padangpariaman Ali Mukhni bersama tamunya saat kunjungan kerja kemarin.

PDG.PARIAMAN, METRO
Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni, kemari, menyatakan kawasan makam Syech Burhanuddin di Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padangpariaman hingga kini terus ditata agar semakin indah dan menarik sehingga betul-betul menjadi objek wisata religus untuk  kemajuan daerah yang lebih baik.

“Sehingga makam Syek Burhanuddin menjadi objek semua umat islam di seluruh Indonesia sebagai tempat salah seorang ulama yang menyebarkan agama islam di pulau Sumatra,” kata Bupati Padangpariaman H ALi Mukhni, kemarin.

Katanya, ia sangat mendukung penuh pengembangan kawasan wisata relijius Syekh Burhanuddin Ulakan.

“Kita akan terus tata seperti kawasan Wisata religi terkenal di Indonesia dan diupayakan bertaraf internasional,” kata Ali Mukhni sepulang dari menjadi narasumber pada acara talk show/ota lapau  maha karya randai we’e sipono, kisah perjuangan Syekh Burhanuddin, kemarin.

Dukungan tersebut dimulai sejak lama jelasnya, terutama saat gempa 2009 dimana  banyak infrastruktur rusak, termasuk masjid dan makam Syekh. Tahun itu langsung dianggarkan untuk renovasi masjid Syekh Burhanuddin, sekitar 10 Milyar dan setiap tahun sampai sekarang selalu dianggarkan, untuk kedua bangunan tersebut. Dari dana APBD sudah dikucurkan Rp 55 Milyar untuk Masjid dan Rp 30 M untuk Makam Syekh Burhanuddin.

Selain dari dana daerah jelasnya, juga didapatkan bantuan dana dari Kementerian PUPR sebesar Rp 140 Milyar yang akan disalurkan secara bertahap.

“Tahun lalu sudah dibangun los-los bagi para pedagang sedangkan tahun 2020 ini akan dibangun marthab atau penginapan dengan dana Rp 24 Milyar,” ujarnya.

Di samping renovasi bangunan makam dan Masjid, Bupati juga memberikan dukungannya dalam pengembangan kawasan wisata dengan pembangunan jalan penghubung sehingga mempermudah akses dan kunjungan wisata.

Acara tersebut katanya, diinisiasi oleh Yayasan Sumbar Talenta ini dibuka oleh anggota DPD RI, H. Leonardi Harmaini dan juga mendatangkan beberapa narasumber lain, seperti Novrial, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar,  Buya Heri Firmansyah yang merupakan Khalifah 15 Syekh Burhanuddin, Peneliti sejarah Balai Penelitian Nilai Budaya, Zusneli Zubir dan Restu Gunawan perwakilan dari Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional