Menu

Bupati: Membangun Aspek Religi dan Menguatkan Karakter di Limapuluh Kota

  Dibaca : 97 kali
Bupati: Membangun Aspek Religi dan Menguatkan Karakter di Limapuluh Kota
SAMBUTAN—Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo memberikan sambutan pada pembukaan Cerdas Quran Siswa SD dan SMP se-Kabupaten Limapuluh Kota, di Aula kantor Bupati Limapuluh Kota, Sarilamak, baru-baru ini.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Membangun aspek re­ligi dan menguatkan ka­rakter peserta didik ada­lah tugas bersama. Pen­didikan merupakan kunci dalam membentuk ka­rakter anak sejak dini, karena hakikat pendidikan tidak hanya sebatas transfer of knowledge akan tetapi juga transfer of values.  Melalui kegiatan Cerdas Quran Siswa SD dan SMP se-Kabupaten Lima­puluh Kota, Provinsi Su­matera Barat, dijadikan sebagai upaya menumbuh kembangkan minat baca Al Quran di tengah-tengah masyarakat merupakan bagian dari visi dan misi Pemerintah Kabupa­ten Limapuluh Kota dalam membangun generasi berakhlakul Quran.

“Menciptakan para ha­fiz Quran di setiap nagari dan mencipatakan gene­rasi yang mencintai nilai budaya alam Minangkabau. Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah,” sebut Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, pada pembukaan Cerdas Quran Siswa SD dan SMP se-Kabupaten Limapuluh Ko­ta, di Aula kantor Bupati Limapuluh Kota, Sarilamak, akhir pekan kema­rin.

Disampaiakan Bupati, pengaruh globalisasi se­dikit banyak berdampak kepada kemerosotan mo­ral bagi generasi muda Islam. Program Tahfidz Quran dilakukan dan ber­tujuan untuk membangun karakter anak nagari ber­kepribadian mulia ser­ta me­nanggulangi ke­­na­ka­lan remaja dari berbagai penyimpangan sosial.

Lanjut dijelaskan bupati, sebagai bentuk sinergitas antara Polri dan pemerintah daerah, kegiatan Cerdas Quran yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Limapuluh Ko­ta bekerjasama dengan Polda Sumbar dengan me­rebutkan tropi bergilir Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H. Selain itu memberikan kesadaran yang tinggi akan pentingnya pendidikan karakter dengan sebuah harapan terpeliharanya generasi penerus bangsa yang memiliki kepribadian religius, berakhlaqul karimah, berpikir kritis, inovatif, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta di landasi de­ngan iman dan takwa (IMTAK) yang tinggi.

“Bekerjasama dengan Polda Sumbar dan memperebutkan tropi bergilir Kapolda Sumbar. Untuk mendukung program ter­sebut guru Tahfidz dan agama yang menjadi u­jung tombak akan kita rekrut. Karena ini bagian dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati selain dari bentuk pembangunan sektor lain di daerah kita. Pendidikan karakter yang terpenting dan menjadi dasar bagi generasi pe­nerus yang positif,” Jelas Bupati Safaruddin.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Li­mapuluh Kota Indrawati Munir, S.Pd menyebutkan kegiatan Cerdas Quran merupakan wadah bagi siswa dam siswi untuk menyalurkan bakat dalam bidang keagamaan. Selain itu peningkatan pendidikan karakter di setiap se­kolah menjadi perhatian dan spesifik. Disisi lain juga dilakukan peningkatan kepribadian peserta didik sehingga memiliki etika, dan rasa berbudaya yang baik serta mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Limapuluh Kota pro­gram Tahfidz akan kita rancang menjadi kewajiban bagi pendidikan da­sar dan menengah.” Sebut Indrawati Munir.

Dalam kesempatan yang sama Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, M.H. melalui Kapolres 50 Kota AKBP Trisno Eko Santoso, S.I.K menyampaikan agar anak didik tetap menjaga hafalan Al Quran yang telah dimiliki. Nilai-nilai agama adalah benteng agar tidak terseret kepada hal-hal negatif yang berdampak kepada proses hukum yang berlaku di negara Indonesia. Pandemi Co­vid-19 telah memberikan pola hidup baru dan memiliki tuntutan untuk menjalani pola hidup sehat serta berinovasi.

“Tetap patuhi protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19 ini. Ja­ga hafalan Al Quran yang sudah dimiliki. Kami bersama pemerintah daerah akan terus mendukung program-program positif yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat Lima­puluh Kota,” tutup Kapolres.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres 50 Kota AKBP Trisno Eko Santoso, S.I.K, Sekretaris Daerah Limapuluh Kota Widya Putra, S.Sos, M.Si. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indrawati Munir, S.Pd, Pengurus MKKS, Pengawas Sekolah, Korwil Pendidikan Kecamatan, murid dan siswa sebagai perserta Cerdas Quran. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional