Menu

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Terima Penghargaan Peserta Desa Wisata Terbanyak ADWI 2021

  Dibaca : 105 kali
Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Terima Penghargaan Peserta Desa Wisata Terbanyak ADWI 2021
Menparekraf Sandiaga Uno disambut Bupati Limapuluh Kota beserta istri dan ketua DPRD beserta istri.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo menerima piagam penghar­gaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Men­parekraf)/ Kepala Badan Pari­wisata dan Ekonomi Kreatif  (Kabadan Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno kategori kabu­paten dengan Peserta Desa Wisata Terbanyak Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD­WI) 2021 di Desa Wisata Kam­pung Adat Saribu Gon­jong (Sarugo), Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Limapuluh Kota, Sabtu (28/9).

Selain Piagam Penghar­gaan, Sandiaga Salahuddin Uno jugu menandatangani prasasti Kampung Adat atau Desa Wisata Saribu Gonjong. Atas prestasi Desa Wisata Saribu Gonjong yang masuk dalam penilaian 50 besar ADWI 2021, Menteri Pari­wisata dan Ekonomi Kreatif memberikan pemakaian WiFi gratis selama satu tahun kepada Sarugo.

Hadir mendampingi bu­pati, Ketua Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Sum­bar Deni Asra. Kadis Pari­wisata Limapuluh Kota, Ning­sih, Ketua Pokdarwis Kam­pung Adat Saribu Gonjong Rici Candra dan Pimpinan Universitas Mu­hammadiyah Suma­tera Barat (UMSB), serta pemu­da dan penggiat wisata Saru­go.

Kedatangan Menparekraf  Sandiaga Salahuddin Uno di Desa Wisata Saribu Gonjong disambut jajaran Forkopimda Limapuluh Kota, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso, S.I.K dan Dan­dim 0306 50 Kota, Letkol. Kaf. Ferry Lahe, Ketua DPRD Lima­puluh Kota Deni Asra, Ang­gota DPRD Limapuluh Kot­a, serta Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Pe­muda dan Bundo Kandung serta tokoh-tokoh masyarakat Limapuluh Kota.

Sandiaga Uno, memuji dan memberikan apresiasi kepada Sumbar yang merupakan pro­vinsi terbanyak di Indonesia peserta Anugerah Desa Wi­sata Indonesia dengan jumlah 231 Desa Wisata, dan Kabu­paten Limapuluh Kota daerah peserta terbanyak di Indonesia dengan jumlah 50 Desa Wisata dalam lomba peni­laian ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Dari 57 ribu desa di Indonesia, ada 1.831 Desa Wisata yang masuk dalam ajang ADWI 2021. Dan setelah me­ngikuti penilaian dari dewan kurator dengan Tujuh kategori penilaian klasifikasi Desa Wisata dan kelengkapan data yang didaftarkan melalaui website jadesta.com maka diumumkan 300 desa wisata di seluruh Indonesia.

Kemudian lebih ketat lagi, maka diumumkan 100 desa wisata seluruh Indonesia. Dari 100 desa wisata yang diu­mumkan Kementerian Parek­raf, Dua Desa Wisata Lima­puluh Kota, Desa Wisata Ka­palo Banda Taram dan Desa Wisata Saribu Gonjong Koto Tinggi. Dan hanya Desa Wi­sata Saribu Gonjong yang masuk dalam 50 besar Desa Wisata dalam ajang ADWI 2021 bersama Tiga Desa lain­nya di Sumbar yaitu Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu, Tanahdatar, Desa Wisata Sungai Batang Agam dan Desa Wisata Apar Kota Pariaman.

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo mengatakan,selamat datang kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno beserta jaja­ran yang sudah berkunjung melihat secara langsung De­sa Wisata Saribu Gonjong di Limapuluh Kota. Bupati op­timis akan bisa menjadi pe­menang dalam ADWI 2021, mengingat Desa Wisata Sari­bu Gonjong baru-baru ini meraih penghargaan nomor dua di Indonesia dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) se-Indonesia. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional