Close

Bupati Limapuluh Kota Kecewa, ASN Main-main dengan Disiplin Jam Kerja

RUANGAN KOSONG— Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo saat melakukan sidak, sempat mengabadikan dengan kamera lokasi kerja ASN yang kosong pada jam kerja.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo kecewa berat menemui fakta masih ada Apa­ratur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Lima­puluh Kota yang bermain-main dengan disiplin jam kerja pasca pelaksanaan cuti bersama Idul Fitri 1443 H.  Lemahnya disiplin ASN, ditemukan Bupati Safaruddin saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Dinas Pengendalian Pendu­duk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Limapuluh Kota di Tanjung Pati, Harau, Selasa (10/5).

 Untuk itu, Bupati Safaruddin menginstruksikan kepada Sekretaris Daerah dalam waktu dekat melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kinerja ASN khu­susnya  disiplin pelaksa­naan jam kerja di jajaran perangkat daerah Pemkab Limapuluh Kota. “Saya kecewa melihat kondisi ini, masih jam kerja, dari 28 ASN, masih jam kerja pukul 15.00 Wib, yang masih di kantor hanya satu orang, saya minta jangan main-main dengan disiplin kerja,” ujar Bupati Safaruddin, yang tak dapat menyimpan raut wajah kecewa saat sidak di kantor DPPKBP3A.

Lebih lanjut Bupati Safaruddin mengatakan pasca Cuti Bersama 1443 H, semestinya ASN sudah melaksanakan kerja sesuai ketentuan, terlebih tugas-tugas selaku pelayanan masyarakat. Bahkan, tak mesti harus berpatokan kepada cuti bersama, sikap mematuhi disiplin termasuk jam kerja, hendaknya menjadi standar kinerja yang mesti dicamkan oleh segenap ASN Pemkab Li­ma­puluh Kota.

Terlebih ASN kata Bupati seharusnya menjadi contoh penerapan disiplin di masyarakat, jika hal ini dibiarkan di sisi lain justru akan mempersulit ma­sya­rakat yang hendak memperoleh pelayanan. Untuk itu, kepada Sekretaris Da­erah selaku pimpinan ter­tinggi ASN oleh Bupati diinstruksikan untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kinerja dan disiplin ASN di lingkungan Pem­kab Limapuluh Kota.

“Saya instruksikan Sekda untuk melakukan eva­luasi terhadap pelaksa­naan disiplin jam kerja di perangkat daerah, bahkan hendaknya ke depan Sekda secara berkala memo­nitor  langsung disiplin ASN di masing-masing perang­kat daerah,” tegas Bupati Safaruddin.

Dalam lanjutan sidak di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Limapuluh Kota sekitar pukul 16.00 Wib, keke­ce­waan Bupati Safaruddin agak bisa terobati, karena pelayanan ASN Disdukcapil kepada masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan masih berjalan normal.

Tingkat kehadiran ASN masih terbilang tinggi. Da­lam arahannya di depan  ASN dan honorer Disdukcapil yang berjumlah total 63 orang, Bupati Safaruddin menegaskan kembali arti penting disiplin ASN dalam rangka menunjang kinerja institusi terlebih perangkat daerah yang berperan secara langsung melayani masyakat. “Patuhi saja seluruh disiplin ASN yang sudah jelas ada ketentuannya, ciptakan suasana yang kondusif di kantor, sehingga kita bisa maksimal melayani masya­rakat,” terang Bupati Safaruddin. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top