Menu

Bupati Limapuluh Kota Bercita-cita, Populasi Sapi jadi 100.000 Ekor

  Dibaca : 106 kali
Bupati Limapuluh Kota Bercita-cita, Populasi Sapi jadi 100.000 Ekor
LIHAT SAPI—Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo melihat sapi usai dapat hibah dari Kementan.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menerima hibah ternak sapi dari Kementerian Pertanian melalui Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pa­kan Ternak (BPTU-HPT) Pa­dang Mengatas untuk di kelola Pemkab Limapuluh Kota di UPTD pembibitan dan pakan ternak, Padang Siontah. Pada Kamis (24/6), di UPTD Padang Siontah, Jorong Padang Tangah Na­gari Situjuah Batua.

Pada acara penanda­tanganan berita acara serah terima hibah ternak itu, hadir Bupati Limapuluh Kota, Sa­faruddin Dt. Bandaro Rajo, Kepala BPTU-HPT Padang Mengatas, Drh. Gigih Tri Pembudi, MM, Koordinator Sumberdaya Ginetik Hewan, Dirjen PKH, Kementerian Pertanian, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Virmadona, S.Sos, Ang­gota DPRD Kabupaten Lima­puluh Kota, Putra Satria Veri, Plt. Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Indra Suryani, Camat, Forkopimca Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Wali Nagari se Ke­camatan Situjuah dan Wali Jorong Padang Tangah, Si­tujuah Batua serta para tamu dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bu­pati Limapuluh Kota Safa­ruddin Dt. Bandaro Rajo mengatakan, secara Agrokli­matologi Kabupaten Lima­puluh Kota memang sangat potensial untuk usaha pe­ternakan sapi. Terbukti de­ngan populasi Sapi yang terus berkembang. Tercatat pada tahun 2020, Sapi yang ada di daerah itu sebanyak 45.071 ekor

Namun, dengan bentang wilayah yang cukup luas serta iklim yang sangat co­cok untuk peternakan, Bu­pati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bercita cita untuk me­ningkatkan populasi sapi sebanyak 100.000 ekor da­lam rentang masa kepe­mim­pinannya ini “Sesuai dengan visi dan misi kami Safaruddin – Rizki, kami ingin mendorong pertumbuhan dan perkembangan eko­no­mi lintas sektoral yang me­miliki keunggulan ditingkat lokal dan regional, dengan didukung program prioritas untuk percepatan pem­ba­ngunan dibidang pertanian dan peternakan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Safaruddin Dt. Ban­daro Rajo mengucapakan terimakasih kepada BPTU Padang Mengatas atas hibah 5 ekor Sapi yang telah dibe­rikan

Namun Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Ban­daro Rajo berharap melalui Dirjen PKH, Kementerian Pertanian, kedepan Lima­puluh Kota bisa dapat 100 ekor Sapi dari BPTU Padang mengatas melalui Kemen­terian Pertanian “Harapan kita sebenarnya dapat 100, dapat 5 Alhamdulillah kita bersyukur. Mudah mudahan dapat dikembangkan,” tu­kasnya mengakhiri sambu­tan.

Sementara itu Ketua Ko­misi III DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Virmadona, S.Sos dalam sambutannya mangatakan, Kabupaten Li­ma­puluh Kota harus maju terutama pada sektor peter­nakan.

Betapa tidak, kehadiran BPTU yang sudah semakin eksis ditingkat Nasional, paling tidak sudah memberikan kontribusi positif dalam sek­tor peternakan untuk me­ningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Li­ma­puluh Kota “Kita harus besinergi, masyarakat perlu binaan. Mudah-mudahan BPTU akan memberikan kon­tri­busi untuk Kabupaten Lima­puluh Kota yang mandiri dibidang peternakan,” te­gas­nya. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional