Close

Bupati Limapuluh Kota Ajak Perantau Bangun Kampung Halaman

SHALAT IED— Bupati Safaruddin melaksanakan shalat Idul Fitri 1443 H di halaman kantor bupati Limapuluh Kota.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Tak kurang seribuan warga Limapuluh Kota dan perantau memenuhi halaman Kantor Bupati Limapuluh kota melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah. Tua, muda berbondong-bondong dari berbagai penjuru Limapuluh Kota mendatangi lokasi  pelaksanaan Shalat Id.  Terpatri kebahagiaan dan kelegaan pada wajah me­reka. Betapa tidak dua tahun lamanya, baik warga atau pun perantau tak dapat mendirikan Shalat Id menyusul pandemi Co­vid-19 yang berujung pem­batasan kegiatan bersifat massal.

Aura keceriaan ini juga cermin rasa syukur, karena jemaah telah melewati rangkaian ibadah Rama­dhan sebulan penuh, yang berbuah kesucian diri dan meningkatnya ketaqwaan kepada sang pencipta. Shalat Id berlangsung khidmat, Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota H.Irwan bertindak lsebagai Khatib.

Pelaksanaan Shalat Id di halaman Kantor Bupati Sarilamak ini difasilitasi Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Kantor Kementerian Agama Li­ma­puluh Kota dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Limapuluh Kota. Tampak ikut dalam barisan jemaah Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Sekretaris Daerah Widya Putra, Ketua MUI, Ketua IPHI, Kepala Perangkat Dearah, unsur organisasi keagamaan, tokoh masyarakat dan para perantau.

Bupati Safaruddin dan Khatib Salat Id Irwan me­ngajak jemaah untuk tetap mengembangkan sema­ngat ukhuwah, kebersamaan serta silaturrahmi di tengah masyarakat. Hal ini penting mengingat saat ini, kondisi perekonomian masyarakat belum sepe­nuhnya pulih, akibat pandemi Covid-19. Dalam u­paya meningkatkan kesehatan harus menjaga _”i­mun”_ agar tetap fit dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, namun dalam kondisi sekarang iman juga harus ditingkatkan karena imun bisa kuat bila ditopang dengan iman yang kuat.

Lebih lanjut Bupati Safaruddin mengajak ma­syarakat Limapuluh Kota agar memanfaatkan momentum Idul Fitri kali ini untuk menjalin silaturahmi dengan para perantau demi pembangunan nagari dan Ukhuwah Isla­miyah.

Bupati Safaruddin me­ngucapkan selamat datang kepada para perantau yang hadir pada momen berbahagia kali ini, dan menghimbau para perantau unruk dapat ikut serta dalam mewujudkan Limapuluh Kota yang Ma­dani, Beradat, dan Berbudaya. “Semangat para perantau dalam membangun _kampuang_ sangat kami harapkan melalui saran dan kritikan terhadap Pemerintah Dae­rah,” pungkas Bupati Safaruddin.

Sementara itu, H. Irwan selaku Khatib menghimbau kepada umat untuk senantiasa menjaga keimanan walaupun telah melewati bulan rama­dh­an. Lebih dalam ia menjelaskan bahwa dengan berlalunya Bulan Suci Ramadhan hendaknya tidak menyurutkan semangat masyarakat dalam beri­badah, tetapi harus lebih giat, lebih bersabar, lebih bertakwa, serta lebih bertawakal dalam menjalani kehidupan dalam kondisi apapun.

Seterusnya ia mengajak umat untuk bermuhasabah secara lebih mendalam, agar Ramadhan tahun ini menjadi momentum terbaik untuk memperbaiki serta meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama dan me­ningkatkan amal sa­leh. “Nilai-nilai positif yang telah didapat selama Ramadhan harus di implementasikan di kehidupan setelah Rama­dhan”, tutup Khatib Irwan.

Usai melaksanakan Shalat Idul Fitri, Bupati bersilahturahmi dengan masyarakat Limapuluh Kota yang memenuhi ha­laman Kantor Bupati untuk sekedar bersalaman dan berbincang-bincang ri­ngan yang diikuti dengan sangat antusias oleh ma­syarakat. Selanjutnya mes­ki secara resmi Bupati dan Wakil Bupati tidak mengagendakan Halal Bi Halal atau Open House, di kediaman resmi Bupati di Labuh Basilang serta Wa­kil Bupati di Sarilamak tampak berdatangan pejabat instansi vertikal dan Lingkup Pemkab Limapuluh Kota, tokoh masya­rakat dan perantau. Kedatangan mereka sekedar bersilaturrahmi dan me­nyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri secara langsung kepada Bupati dan Wakil Bupati beserta ke­luar­ga. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top