Menu

Bupati Kabupaten Pasa­man Benny Utama Sebut Menteri KKP Bakal Bangun Pabrik Pakan Mandiri

  Dibaca : 58 kali
Bupati Kabupaten Pasa­man Benny Utama Sebut Menteri KKP Bakal Bangun Pabrik Pakan Mandiri
TINJAU PABRIK PAKAN—Bupati Pasaman Benny Utama saat meninjau rencana pembangunan pabrik pakan mandiri di Rao Selatan.

PASAMAN, METRO–Bupati Kabupaten Pasa­man Benny Utama me­ngungkapkan Kemen­terian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) akan membangun pa­brik pakan mandiri untuk membantu petani ikan da­lam meningkatkan pereko­nomian di Pasaman.

Pabrik tersebut diba­ngun di belakang areal pusat Balai Benih Ikan (BBI) Beringin, Nagari Lansek Kadok, Kecamatan Rao Selatan. Dana senilai 30 Milyar sudah lengkap de­ngan pembangunan pabrik pakan ikan mandiri, ban­tuan escavator, automatic feeder dan lainnya.

”Kita menyerahkan la­han seluas 3.000 meter untuk pembangunan pa­brik pakan mandiri ke pihak KKP serta membangun in­fra­struktur jalan ke lokasi pa­brik dengan APBD 2021,” kata Bupati saat melakukan peninjauan lo­kasi pem­bangunan pabrik pakan ikan Mandiri di Rao Se­latan beberapa hari yang­ lalu.

Pembangunan pabrik pakan mandiri akan di­mulai pelaksanaanya ta­hun 2021, dimulai dengan proses penyerahan lahan dari Pemerintah Kabu­pa­ten Pasaman ke Menteri KKP Republik Indonesia.

”Proses administrasi lainnya menjelang pabrik pakan ikan yang didanai sepenuhnya oleh Kemen­terian KKP dan dimulai pengerjaanya. Alham­dulil­lah, puji syukur kepada Allah SWT yang telah mewu­judkan harapan masya­rakat Kabupaten Pasaman, terkhusus petani ikan di wilayah Rao dan seki­tar­nya,” kata Bupati. Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Wah­yu Sakti Trenggono me­netapkan Kabupaten Pa­saman, Sumatera Barat, sebagai salah satu kam­pung perikanan budidaya di Indonesia.

Keputusan Menteri KP ini ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor : 64 Tahun 2021, tertanggal 23 Agustus 2021, tentang Kampung Peri­ka­nan Budidaya yang ber­lokasi di Enam Kabupaten pada enam Provinsi di Indonesia.

Ia berharap dengan keluarnya Surat Kepu­tu­san (SK) Menteri KP ter­sebut, semoga harapan berpuluh-puluh tahun ma­syarakat khususnya petani ikan hendaknya terwujud berdirinya pabrik pakan ikan di Pasaman. (mir)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional