Close

Bupati Hadiri Safari Dakwah IPHI Canduang

DIALOG—Bupati Agam Andri Warman berdialog dengan salah seorang pengurus IPHI saat menghadiri Safari Dakwah IPHI di Canduang.

AGAM, METRO–Bupati Agam, Dr H Andri Warman hadiri safari dakwah yang digelar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Agam di Masjid Taqwa Mantuang Bukik Bata­buah, Kecamatan Canduang, Minggu (19/9).

Kegiatan yang diikuti seluruh IPHI cabang ini, juga dihadiri Kadiskominfo Agam, Rahmad Lasmono, Kaban Kesbangpol, Yunilson, Kabag Kesra Setda Agam, Surya Wendri, Camat Canduang, Fauzi dan lainnya.

Bupati Agam Andri Warman mengapresiasi IPHI Ka­bupaten Agam yang tetap rutin melakukan pertemuan, meski sudah dua tahun tidak bisa berangkat ke tanah suci menunaikan ibadah haji akibat pandemi Covid-19. “Akhir-akhir ini secara nasional kasus positif Covid-19 terjadi penurunan, semoga wabah ini cepat hilang supaya ibadah haji bisa dilaksanakan kembali,” ujar Andri.

Meski begitu ia berharap, masyarakat tetap mewaspadainya dengan disiplin protokol kesehatan, supaya virus corona betul -betul hilang di bumi ini dan aktivitas masya­rakat bisa normal kembali. Pada kesempatan itu, bupati yang akrab disapa AWR ini paparkan berbagai program yang dilaksanakan dalam men­jadikan Agam lebih maju.

Dari berbagai program yang dipaparkan, di antara­nya terkait tunjangan biaya hidup bagi 100 putra putri terbaik Agam yang diterima di perguruan tinggi ternama melalui jalur undangan. “Selain jalur undangan, kriteria lain dari penerima program ini adalah berasal dari keluarga kurang mampu, serta anak yatim atau piatu,” sebut bupati.

Program ini, katanya, su­dah dilaunching sekitar dua pekan lalu, dengan nominal­nya bervariasi sesuai wilayah di mana mereka kuliah. Kemudian program pengembangan pendidikan yaitu bidang adat istiadat, agama dan bahasa Inggris, serta program lainnya.

Sementara, Ketua IPHI Agam, Darnis Burhan mengatakan, IPHI juga miliki program yang sama dengan Pem­kab Agam, yaitu membantu biaya pendidikan bagi anak yang tidak mampu, tapi miliki kecerdasan. “Program ini satu anak satu kecamatan, kini kita sudah miliki dua anak asuh dan sekolahnya dibiayai hingga selesai,” kata Darnis.

Anak asuh ini, sebutnya, akan dibina IPHI supaya ke depan mereka mampu jadi u­lama yang akan mensyiarkan agama Islam di tengah ma­syarakat. Dalam safari dakwah ini, juga dilakukan pengukuhan pengurus cabang IPHI Kecamatan Canduang periode 2021-2026, yang dilakukan Ketua IPHI Agam, Darnis Burhan.

Pengurus cabang IPHI Kecamatan Canduang yang di­ku­kuhkan ini, Ketua ada­lah Zulhendri, Wakil Ketua, As­wandi, Sekretaris, Aldri, Wa­kil Sekretaris, Bahriyal dan Ben­dahara, Fatma Ye­natty.

Selain pengurus inti, juga dikukuhkan seksi-seksi seperti seksi organisasi, keanggotaan dan humas, seksi iba­dah sosial usaha dan kesejahteraan umat, seksi dakwah, pendidikan dan pelatihan, serta seksi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top