Close

Bupati Eka Putra ”Kopisakarek” dengan Perantau Sumanik

PERTEMUAN—Usai pertemuan perantau asal Sumanik, Bupati Eka Putra foto bersama.

TANAHDATAR, METRO–Pemerintah Daerah Ka­bupaten Tanah Datar te­rus mendukung dan me­nga­presiasi kegiatan yang dilaksanakan perantau dan masyarakat dalam me­ngukseskan program daerah. Hal tersebut disampaikan Bupati Eka Putra saat menghadiri malam silaturrahmi acara puncak Dunsanak Perantau 3 Guguak (DP3G)  Nagari Sumanik, di lapangan sepakbola Tembok Galuang, Rabu (13/7) malam.

“Saya apresiasi kepada perantau dan masyarakat Sumanik yang sudah me­laksanakan kegiatan alek nagari, ini secara langsung sudah mendukung kegiatan pemerintah daerah dalam rangka menjalin Komunikasi Pimpinan Secara Dakek dan Arek yaitu “Ko­pi Sakarek,” ucap Bupati Eka Putra.

Lebih lanjut, Bupati sadari kegiatan silaturahmi ini sudah dua tahun tidak bisa dilaksanakan secara berhadapan langsung karena musibah pandemi co­vid 19, kita patut bersyukur karena hari ini bisa dilaksanakan oleh perantau dan masyarakat Nagari Suma­nik dalam rangka menjembatani aspirasi dan informasi kepada pemerintah daerah.

Sehubungan dengan harapan perantau dan ma­syarakat Nagari Sumanik untuk pembangunan infrastruktur seperti perbaikan jalan dan penyaluran air bersih. “Insyaallah perbaikan jalan dan air bersih akan dianggarkan dan di realisikan secepatnya me­lalui dinas instansi terkait,” ungkap Bupati.

Bupati juga tambahkan, selain fisik kita juga harus membangun mental spiritual generasi penerus, pemerintah daerah memiliki program satu rumah satu hafizh dengan tujuan menyiapkan generasi tangguh dan taat kepada Allah SWT.  “Mohon doa dan dukungan dari perantau dan masyarakat sumanik untuk kelancaran pemba­ngunan melalui program unggulan daerah,” pinta Eka Putra.

Diakhir sambutan Bupati Eka Putra juga sampaikan terimakasih dan berharap kegiatan ini berkanjutan. Kepada para perantau juga didoakan selamat dan selalu sukses, dengan harapan silaturahmi terus terjaga antara rantau dan ranah.

Sebelumnya, Ketua DP­3G Nagari Sumanik Yuskardinal sampaikan, DP3G a­dalah Dunsanak Perantau Guguak Manih, Guguak Tinggi dan Guguak Panjang Nagari Sumanik. “DP3G  tahun ini melaksanakan pulang basamo dalam rang­ka Idul Adha 1443 H dengan agenda melaksa­kan gotong royong, pesta anak nagari dengan me­ngedepankan kearifan lo­kal melalui kesenian tradisional, halal bihal dan tablig akabar yang mulai tanggal 6-13 Juli 2022,” sampai Yus­kardinal.

Yuskardinal tambahkan, tujuan dari kegiatan pulang basamo ini yaitu untuk penyambung silatu­rahmi perantau dengan ma­syarkat di kampung serta dapat berkontribusi untuk kampung halaman melalui kegiatan sosial, ekonomi dan kesejahteraan. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top