Menu

Bupati Dukung Penuh APIP Menuju Level 3

  Dibaca : 60 kali
Bupati Dukung Penuh APIP Menuju Level 3
ARAHAN—Bupati Padangpariaman Suhatri Bur memberikan arahan kepada Inspektur Hendra Aswara tentang dukungan peningkatan kapasitas APIP level 3.

PDG.PARIAMAN, METRO
Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mendukung penuh Inspektorat dalam mewujudkan kapabilitas Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) menuju level 3. “Peran Inspektorat sangat penting dalam melakukan kontrol dan masukan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Padangpariaman,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.

Katanya, peran strategis itu dalam bentuk performance audit yang meningkatkan kinerja serta memberikan layanan practice advisory untuk perbaikan governance process dan risk control pada pemerintah daerah.

“Selaku pimpinan daerah, saya mendukung APIP menuju Level 3 dan saya juga mengharapkan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kecamatan, tingkatkan kekompakan dan kerja sama untuk peningkatan kapsitas APIP dan SPIP untuk suksesnya program pembangunan daerah,” ujarnya..

Pada kesempatan itu, Bupati Suhatri Bur langsung melakukan komunikasi videocall dengan Kepala Perwakilan BPKP Sumbar Buyung Wiromo Samudro.

Dalam percapakatan itu, Bupati Suhatri Bur berkomitmen dalam peningkatan sumber daya manusia, penganggaran dan kinerja jajarannya. “Kita akan ikuti arahan dan mohon pembinaan Bapak Kepala Perwakilan BPKP Sumbar dan jajarannya,” ujar Mantan Wakil Bupati Periode 2016-2021 itu.

Sebelumnya, Inspektur Hendra Aswara mengatakan bahwa saat ini sedang dilaksanakan supervisi dari BPKP Sumbar untuk persiapan APIP menuju level 3. Adanya dukungan Bupati, kata Hendra, semakin menambah nilai dan komitmen untuk mewujudkan pemerintahan baik dan bersih. Terdapat 6 elemen yang akan dinilai yaitu peran dan layanan, pengelolaan sumber daya manusia, praktik profesional, akuntabilitas dan manajemen kinerja, budaya dan hubungan organisasi, dan struktur tata kelola. “Tadi Bapak Bupati menyampaikan agar semua elemen harus ditingkatkan untuk mencapai APIP level 3,” tambahnya mengakhiri. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional