Close

Bupati dan Wabup Sijunjung Resmikan Pabrik Kelapa Sawit PT Sawit Makmur Perkasa

Dari kiri ke kanan, Direktur PT SMP Mulyanto, Dirut Hermanto, Bupati Benny Dwifa Yuswir, Wabup Irraditillah, Kejari diwakili Dian Affandi Pandjaitan, Ketua DPRD Bambang Surya Irawan, ketika menggunting pita.

Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Sawit Makmur Perkasa (SMP) diresmikan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP, didampingi Wakil Bupati Sijunjung Irraditillah.

Pabrik berkapasitas produksi 45 ton perjam tersebut akan banyak menyerap tenaga kerja lokal, sekaligus meningkatkan perekonomian petani sawit, khususnya di Sijunjung.

“Bertambahnya pabrik sawit di Kamang Baru Sijunjung akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat dan secara signifikan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Benny Dwifa Yuswir, ketika meresmikan pabrik di   Nagari Aie Amo, Jorong Banjar Tengah, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat, Minggu (15/01/2023).

Sang Bupati menyebutkan, kehadiran pabrik tersebut otomatis akan memangkas biaya transportasi petani sawit, sehingga akan memberikan kemudahan bagi petani dalam memasarkan panennya. Berkurangnya biaya transportasi tersebut, tentu berdampak pada pendapatan petani.

Kehadiran pabrik kelapa sawit PT SMP merupakan pabrik ketiga di Kabupaten Sijunjung, “Saat ini, permintaan komoditas crude palm oil (CPO) terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun sehingga dibutuhkan pabrik sawit yang banyak,” ucapnya.

Benny mengatakan, sebagai kepala daerah, pihaknya akan terus mendorong pihak swasta untuk berinvestasi di  Kabupaten Sijunjung. Bupati dan Forkopimda  bersama masyarakat akan menjamin keamanan para investor dan keberadaan aset.

“Selain terbukanya lapangan kerja, juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan tandan buah segar (TBS) milik petani bisa tertampung,” ujarnya.

Direktur PT Sawit Makmur Perkasa Mulyanto menyampaikan, pabrik akan beroperasi mengolah TBS dengan kapasitas produksi 45 ton per jam. Diperkirakan menyerap ratusan tenaga kerja dengan mengutamakan tenaga kerja lokal yang mempunyai skill dan kemampuan masing-masing.

“Beroperasinya pabrik ini diharapkan roda perekonomian dapat tumbuh dengan cepat. Kami juga berkomitmen akan menyalurkan investasi sosial dari dana CSR untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar perusahaan,” kata Mulyanto sembari mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Sijunjung yang sangat mendukung dan memberikan kemudahan dalam proses investasi, dukungan luar biasa juga diberikan masyarakat.

Perwakilan Tokoh Masyarakat Nagari Aie Amo Syamsul Muhardi bersama Wali Nagari Aie Amo Emel Salim  memberikan apresiasi terhadap kehadiran perusahaan tersebut.

“Semoga kehadiran PT Sawit Makmur Perkasa akan mampu mendrongkrak perekonomian masyarakat dengan terbukanya lapangan kerja baru dan harga jual yang bersaing,” katanya.

Prosesi peresmian pabrik sawit berlangsung meriah.

Dihadiri  Wakil Bupati Irraditillah Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi , Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Irawan, Kajari Sijunjung diwakili Dian Affandi Pandjaitan serta Forkopimda Sijunjung lainnya.seluruh  Niniak Mamak, Alim Ulama serta tokoh masyarakat dan unsur pemuda Nagari Nagari se Kecamatan Kamang Baru serta tokoh Masyarakat Kabupaten Sijunjung Syahbudin Dt Sinaro,ditandai dengan penanda tanganan prasasti dan dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Bupati Sijunjung yang di dampingi Direktur PT Sawit Makmur Perkasa  Mulyanto.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top