Close

Bupati dan Wabup Hadiri Milad SMPN 1 Solsel, Guru Diminta Tingkatkan Kompetensi Mandiri

FOTO BERSAMA— Bupati Solsel Khairunas dan Wabup Yulian Efi foto bersama saat menghadiri Milad 68 tahun SMPN 1 Solok Selatan.

SOLSEL, METRO–Perayaan Milad ke-68 SMP Negeri 1 Solok Selatan dihadiri langsung Bupati H Khairunas dan Wa­kil Bupati H Yulian Efi, yang bertempat di Halaman SMP­N 1 Solok Selatan, Rabu (25/5).

Bupati H Khairunas turut mengucapkan selamat kepada SMPN 1 Solok Selatan yang telah berusia 68 tahun. Semoga ke depan SMPN 1 lebih maju dan menjadi lembaga pendidikan yang selalu mengha­silkan lulusan terbaik di Solok Selatan.  Menyinggu persoalan pendidikan, Khai­runas mengungkapkan, bahwa dalam me­ningkatkan kualitas pendi­dikan Solsel tidak terlepas dari kompetensi yang dimiliki tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Untuk itu, Pemkab Solsel mendo­rong pihak sekolah untuk mengoptimalkan program nasional “Sekolah Penggerak”, mendorong kepala sekolah dan guru untuk mengikuti seleksi sekolah dan guru penggerak untuk mengikuti uji kompetensi.

“Kami menghimbau a­gar para guru untuk dapat meningkatkan kompeten­sinya secara mandiri, baik peningkatan dalam hal pe­nguasaan materi ajar, stra­tegi, dan metodologi pe­ngajaran maupun menciptakan inovasi dalam pe­ngajaran,” ujar Khairunas.

Terkait pemanfaatan teknologi informasi, guru harus berperan pula me­ngawal dan mengendalikan pemanfaatannya, sehingga tidak berdampak negatif terhadap perkemba­ngan murid.  “Para guru harus dapat memanfaatkan ruang digital untuk memupuk dan mengembangkan kreatifitas para murid,  seperti pemanfaatan media sosial sebagai wadah pengembangan kre­a­tivitas murid,” ucap Khairunas.

Untuk diektahui, SMPN 1 Solsel merupakan se­kolah menengah pertama tertua di Solok Selatan. Selain sekolah tertua, juga sering menjadi rujukan para orang tua murid untuk menyekolahkan anak­nya di SMPN 1 Solsel.

Kepsek SMP Negeri 1 Solok Selatan, Rika Jumatil Fitri, M.Pd menyebut pada usia SMPN 1 Solok Selatan yang sudah 68 Tahun, su­dah banyak menghasilkan peserta didik yang berkua­litas dan mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan dan kemajuan daerah, khususnya di Kabupaten Solok Selatan.

Menyinggung penerapan Kurikulum Merdeka pada tahun pelajaran 2022/2023, SMPN 1 Solok Selatan akan melaksanakan program pendidikan tersebut secara mandiri dan akan memprioritaskan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan bidang tahfiz, penyelenggaraan jenazah, azan dan tradisi ciri khas dae­rah Solok Selatan. Selain itu bidang olah raga dan seni serta olimpiade juga akan ditingkatkan lebih maksimal.

Selain perayaan ulang tahun, SMP 1 Solok Selatan juga adakan Wisuda Tahfiz dan perpisahan siswa dan guru sekolah tahun pelajaran 2021/2022.  Ke­giatan ini juga dihadiri Asisten, Staf ahli, Kepala OPD, Camat, Para Guru dan Wali Murid. (rel/jes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top