Menu

Bupati dan Wabup Bertekat, Jadikan Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Pasaman

  Dibaca : 72 kali
Bupati dan Wabup Bertekat, Jadikan Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Pasaman
Wakil Bupati Pasaman Sabar AS usai melaksanakan diskusi bersama pelaku usaha wisata di Pasaman.

PASAMAN, METRO–Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman yang dipimpin Bupati Pasaman Benny Utama dan Wakil Bupati Pasaman Sabar AS saat ini bertekad men­jadikan daerahnya sebagai tujuan wisata dan me­ngupayakan sebagai destinasi wisata nasional.

“Melalui dukungan penuh semua pihak, kami memiliki komitmen tinggi dan bertekad menjadikan daerah Pasaman sebagai daerah tujuan wisata favorite serta sebagai destinasi wisata nasional,” ungkap Wakil Bupati Pasaman Sabar AS.

Adapun potensi wisata yang dimiliki Pasaman itu sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata sejarah dan wisata religi. Antara lain Museum Tuanku Imam Bonjol dan Equator di Bonjol, kawasan Cagar Alam Rimbo Panti dengan berbagai kekayaan flora dan fauna, kawasan wisata Puncak Tonang Lubuk Sikaping yang asri dengan hutannya. Selain itu, Pasaman juga memiliki objek wisata yang dikelola baik oleh para pelaku wisata, seperti Ambun Water Park, Puncak Kemoyen dan lain-lain.

Sabar mengungkapkan bahwa pembangunan wisata terpadu di Pasaman khususnya di Kecamatan Bonjol yang saat ini mereka rumuskan, berpegang pada konsep pembangunan pariwisata berkelanjutan.

Upaya pengembangan dan pengelolaan sumber daya yang dilakukan diarahkan agar dapat memenuhi aspek ekonomi, sosial dan estetika sekaligus dapat menjaga keutuhan dan kelestarian ekologi, keane­karagaman hayati, budaya serta sistem kehidupan masyarakat.

Untuk itu kata Sabar, pengembangan kampung atau nagari wisata harus menerapkan pemberdayaan masyarakat lokal setempat serta prinsip-prinsip pelestarian dalam hal pemanfaatannya agar tidak me­lampaui daya dukung lingkungan.

“Kapasitas maksimum daya dukung dari suatu destinasi dalam mendukung kebutuhan berbagai pemanfaatan tidak akan merusak alam, budaya maupun lingkungan,” jelasnya.

Ia berharap para warga di daerah itu khususnya para kaum muda (Milenial) untuk membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang legal dan mempunyai badan hukum.

Harapannya, Pokdarwis tersebut dapat segera menggerakkan potensi nagarinya masing-masing guna menjadikan sebagai destinasi unggulan di Pasaman. Bahkan menjadikan destinasi kampung wisata nasional.

“Tentunya ini bisa dicapai, jika semua pihak yang berkepentingan saling bahu membahu dalam me­wujudkannya,” tutur Sabar AS.

Wakil Bupati Sabar terus berkomiten akan terus memperjuangkan dan akan melaporkan keberadaan potensi wisata di Pasaman tersebut kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Mengingat saat ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya dalam pe­ngembangan pariwisata berkelanjutan di tanah air. (mir)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional