Close

Bupati Benny Dwifa Yuswir Pimpin Rakor, Komit Wujudkan Sijunjung jadi Kabupaten Sehat

PEMBUKAAN— Pemkab Sijunjung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Sijunjung Sehat di Balairung Lansek Manih, Senin (1/8), Kegiatan tersebut dibuka langsung Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir.

SIJUNJUNG, METRO–Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Sijunjung, gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Sijunjung Sehat di Balairung Lansek Manih, Senin (1/8).

Kegiatan tersebut dibuka langsung Bupati Kabupaten Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir yang diikuti 180 peserta terdiri dari Kepala OPD, BUMD, camat, Wali Nagari dan bidan desa.

Bupati Sijunjung dalam arahannya mengatakan, Kabupaten Sehat diwujudkan melalui kese­pakatan bersama antara Peme­rintah dan masyarakat.

“Dalam rangka memenuhi Indikator indikator Tatanan sehat kita juga membutuhkan data capaian kinerja tatanan sehat di masing masing OPD”

“Kabupaten Sehat merupakan suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui sdh terselenggaranya penerapan bebe­rapa tatanan dengan kegiatan terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah,”jelasnya.

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat me­wujudkan Kabupaten sehat serta dapat memberikan pengura­ngan dan pencegahan stunting dan bisa bermanfaat bagi ma­syarakat.

“Untuk itu kegiatan ini tidak rakor saja, tetapi diharapkan hendaknya bisa memberikan output yang kita kejar dalam mewujudkan Kabupaten Se­hat,”harapnya.

Saya tekankan poin penting yang harus diberikan untuk masyarakat ialah kesehatan dari seluruh sektor serta tingkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Ketua Forum Kabupaten Sijunjung Sehat, Fajar Satrian mengatakan verifikasi Kabupa­ten Sehat Nasional dilaksankan dalam dua tahun sekali, Verifikasi kabupaten Sehat 2023 dimulai dengan verifikasi oleh Pemerintah Provinsi yang akan dilaksankan pada akhir September 2022.

“Verifikasi administrasi Kabupaten Sehat Nasional akan dilaksankan pada Pulan April 2023,”jelas­nya.

Untuk itu dalam rangka persiapan Veripikasi tingkat Provinsi pada bulan september 2022 kedepan kita butuh kesepakatan bersma mempersiapkan data administrasi kelembagaan forum Kabupaten Sehat, Forum Kecamatan sehat dan pokja nagari sehat.

“Dalam rangka memenuhi indikator dalam Tatanan sehat kita juga membuthkan data capaian kinerja Tatanan sehat di masing-masing OPD, ”ungkap­nya.

Kabupaten Sijunjung telah memiliki modal dasar berupa penghargaan diantaranya kabupaten sehat tingkat Nasional Swastisaba Pada tahun 2013 dan penghargaan Swastisaba Wiwerda tahun 2015. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top