Menu

Bupati Agam Hadiri Rapat Bahas TPA Regional Payakumbuh

  Dibaca : 62 kali
Bupati Agam Hadiri Rapat Bahas TPA Regional Payakumbuh
HADIRI—Bupati Agam Andri Warman hadiri rapat bersama GubernurSumbar soal pembahasan TPA Regional Kota Payakumbuh.

AGAM, METRO–Bupati Agam Dr H Andri Warman ikuti rapat pembahasan kondisi TPA sampah regional Payakumbuh, di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Minggu (12/9). Rapat yang dipim­pin Gubernur Sumbar, Mah­yeldi ini diikuti Wali Kota Bukittinggi, Erman Syafar, perwakilan Bupati Limapuluh Kota, Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi, beberapa kepala dinas pro­vinsi dan kabupaten, PLN dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar, Mah­yeldi mengatakan, langkah cepat yang harus diambil baik pemerintah provinsi (Pemprov) maupun kabupaten dan kota, untuk meng­hindari kelongsoran sampai mengingat TPA Regional Payakumbuh telah over capacity.

Di antara opsi yang dimiliki pemerintah daerah adalah perluasan landfill, serta memperbaiki maupun menambah membran sementara untuk TPA itu. “Langkah paling realistis yang bisa kita lakukan sekarang adalah pem­ba­ngu­nan membran sementara, dan perluasan landfill,” ujar Mahyeldi.

Dengan begitu, kata­nya, perlu sinergitas antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pemerintah provinsi serta kabupaten dan kota dalam menyikapi persoalan ini. Mahyeldi juga menekankan pentingnya pemisahan dan pengolahan sa­m­pah organik, untuk me­ningkatkan efektivitas penampungan sampah di T­PA, supaya sampah orga­nik dapat diolah untuk dijadikan pupuk.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar, Siti Aisyah menjelaskan, urgensi pengembangan landfill TPA yang menampung sampah dari Payakumbuh, Limapuluh Kota, Bukittinggi dan Agam ini. “Kondisi sekarang TPA sudah over capacity hampir 200 persen, ketinggian sampah di landfill sudah sampai 30 meter dari ideal­nya hanya 15 meter,” sebut Siti.

Dijelaskannya, perluasan TPA Regional Payakumbuh mengingat volu­me sampah yang masuk terus meningkat, bahkan mencapai 220 ton perhari, dengan rata-rata kenaikan 6 persen  setiap tahunnya. Maka pemerintah berupaya melakukan pe­ngembangan wilayah T­PA, se­tidaknya seluas 2,7 hektar untuk 5-7 tahun ke depan.

Menanggapi hal ini, Bupati Agam Andri Warman mengatakan, sampah men­jadi persoalan yang serius dan harus ditangani dengan baik, supaya terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat “Kita di Agam sepakat dengan lang­kah yang diambil pemerintah provinsi dalam mengatasi sampah ini,” kata bupati. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional