Menu

Bupati Agam Hadiri Batagak Gala Danlantamal II Padang

  Dibaca : 80 kali
Bupati Agam Hadiri Batagak Gala Danlantamal II Padang
Foto Bersama– Bupati Agam Andri Warman foto bersama dengan Danlantamnal II Padang Laksamana Pertama TNI Hargianto Datuak Bagindo Malano Nan Hitam.

AGAM, METRO–Bupati Agam Andri War­man menghadiri acara pengukuhan gelar adat atau kebesaran Datuak Bagindo Malano Nan Hi­tam, dari pasukan Pisang Jirek Cingkariang, di Masjid Jami’ Nagari Cingkariang, Kecamatan Banuhampu, Minggu (29/8).

Gelar tersebut dibe­rikan kepada Komandan Pangkalan Utama TNI (Dan­lantamal) II Padang, Lak­samana Pertama (Laksma) TNI Hargianto SE, MM MSi. Acara tersebut dihadiri, Gubernur Sumbar Mah­yeldi, Forkopimda, tokoh adat dan pejabat daerah lainnya.

Pengukuhan tersebut ditandai dengan proses pemasangan saluak ke­pada Laksma TNI Har­gian­to oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan pema­sangan keris oleh LKAAM Provinsi Sumbar, M Sayuti, Dt Rajo Pangulu, serta penyerahan tongkat oleh Dr H Fauzi Bahar Dt Nan Sati.

Gubernur Sumbar Mah­yeldi mengatakan, Laksma TNI Hargianto patut di­angkat menjadi datuak pangulu di kaumnya, yaitu Pasukan Pisang Jirek, Cing­kariang. “Karena beliau adalah sosok yang tegas dalam menegakkan kea­manan dan memiliki kepe­dulian terhadap masya­rakat, khususnya terhadap sanak kemenakannya,” ujarnya.

Mahyeldi berharap, de­ngan diangkatnya Laks­ma TNI Hargianto, se­bagai Datuak Bagindo Ma­lano Nan Hitam, bisa men­jadi bagian dalam mem­per­kuat sendi-sendi adat di Mi­nangkabau, khu­sus­nya di Nagari Cing­ka­riang.

“Sebagai seorang pa­ngulu atau pemimpin di kaum, memiliki tugas yang berat. Oleh sebab itu, se­moga Laksma TNI Har­gianto Dt Bagindo Malano Nan Hitam, dapat men­jalankan tugas dan fung­sinya dengan baik, yaitu memimpin kaum dan me­­­nuntun anak ke­me­nakan kearah yang lebih baik, serta dapat mena­nam­kan nilai-nilai adat mau­pun agama,” harap­nya.

Sementara, Bupati A­gam Dr H Andri Warman mengucapkan syukur dan mengapresiasi atas diku­kuh­kannya gelar Datuak Bagindo Malano Nan Hitam kepada Laksma TNI Har­gianto. “Kami sangat bang­ga, Danlantamal II, Lak­sama TNI Hargianto, men­jadi niniak mamak di Kabu­paten Agam, khususnya di Nagari Cingkariang, Keca­matan Banuhampu,” ujar Andri.

Dikatakan, jika sudah menjadi pangulu, tentunya sudah mampu menjadi suri tauladan bagi anak keme­nakannya, khususnya di kaum pasukan Pisang. “A­tas nama Pemerintah Ka­bupaten Agam, saya ucap­kan selamat kepada Lak­sma TNI Hargianto, semoga dapat menjalan­kan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” ujar An­dri.

Kepada Laksma TNI Hargianto, Bupati Agam Andri Warman berpesan, dengan dilewakannya se­bagai memangku gelar Datuak Bagindo Malano Nan Hitam, semoga dapat mengayomi dan menjadi panutan bagi anak ke­me­nakannya. Dapat bertin­dak, berbuat dan berbicara sesuai dengan kaidah-kai­dah islam. Serta dapat bekerjasama dengan pe­me­rintah, baik pemerintah nagari, kecamatan, dan kabupaten, maupun pr­o­vinsi.

“Karena adat dan aga­ma bagaikan dua sisi mata uang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Di­kuatkan dengan filosufi Rangmiang adat basandi syarak-syarak basandi Ki­ta­bullah (ABS-SBK),” ujar bupati. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional