Close

Bupati Agam Buka Pelatihan PPRG, Isu Gender Masih jadi Agenda Pembangunan SDG’s

PELATIHAN— Bupati Agam melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Agam Edi Busti membuka pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG).

AGAM, METRO–Bupati Agam melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sek­dakab) Agam Drs Edi Busti membuka pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) di aula kantor Bupati Agam, Kamis (17/3). Pelatihan ini diikuti seluruh OPD, dengan mendatangkan narasumber dari prak­tisi PPRG yaitu, Dr Herita Dewi.

Pada kesempatan itu, Sekdakab Agam Edi Busti menyebutkan, isu gender masih menjadi salah satu agenda pembangunan melalui Sustainable Development Goals (SDG’s). Melalui SDG’s ini, katanya, pembangunan gender yang ingin dicapai adalah kesetaraan gender, serta memberdayakan perempuan dan anak perempuan.

“Isu strategis dalam pembangunan Pengarusutamaan Gender (PUG) adalah membangun kualitas manusia, untuk mewujudkan bangsa yang berdaya saing,” ujar Edi Busti.

Menurutnya, upaya pembangunan itu ditujukan untuk kepentingan seluruh penduduk tanpa membedakan jenis kelamin, karena semua miliki hak mendapatkan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat pembangunan yang setara. “Kita cukup bangga, karena sesuai data statistik Kabupaten Agam kini berhasil dalam pembangunan SDM, dengan meraih peringkat pertama tingkat provinsi. Keberhasilan ini, kita diganjar penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2021 tingkat nasional kategori utama,” sebut Edi Busti.

Dikatakannya, sejalan dengan semangat pembangunan, Pemkab Agam juga berkomitmen untuk wujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam RPJMD.Diharapkannya peserta dapat memanfaatkan pelatihan untuk meningkatkan pembangunan kesetaraan gender di Agam ke depan.

“Setelah ini kita minta peserta benar-benar bisa menganalisis kegiatan yang perspektif gender, baik melalui GAP maupun GBS dan menyediakan data gender terpilah sebagai alat analisis gender,” harap Edi Busti. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top