Close

Bunuh Staf KPU, Warga Sipil dan Jual Amunisi, Eks TNI Ananias Yalak Ditangkap

JAKARTA, METRO–Satgas Nemangkawi terus melakukan upaya penindakan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB). Terlebih menjelang PON XX 2021 yang akan digelar di Papua. Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan dari penindakan ini, petugas menangkap seorang buronan bernama Ana­nias Yalak alias Senat Soll di Jalan Samaru, Distrik Dekai, Yahukimo, Kamis (2/9) pukul 05.30 tadi.

“Pelaku merupakan ang­gota KKB yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Dia terlibat pembakaran ATM, pembunuhan staf KPU bernama Hendry Jovinsky, dan membunuh warga sipil bernama Muhammad Toyib,” kata Kamal dalam siaran persnya.

Penangkapan ini bermula ketika anggota Satgas Nemangkawi dan Polres Yahukimo bergerak menuju lokasi karena mendapat informasi pelaku berada di sana. “Tim melakukan pe­ng­gerebekan sebuah ru­mah dan langsung me­nang­kap Ananias. Tim juga menangkap lima orang lainnya yang diduga sengaja menyembunyikan pelaku,” kata Kamal.

Adapun kelima orang bernama Pilas Matuan, Apius Tabla, Mekison, Sa­puk Asso, dan Abert Matuan.

Dalam upaya penang­kapan itu, Ananias tertembak di kaki kiri karena berusaha kabur saat disergap petugas. Dia lantas dibawa ke RSUD Dekai untuk men­dapat perawatan medis. “Pelaku ini berusia 25 tahun dan dia merupakan eks anggota TNI yang lahir di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo,” kata Kamal.

Kamal sebagai Perwira yang juga menjabat sebagai Kabid Humas Polda Papua menerangkan, Ananias memiliki banyak catatan kriminal.

Seperti memiliki senjata api milik TNI dan menyerahkan 155 amunisi kepada anggota KKB. Atas perbuatannya, kini Ananias harus ditahan dan dijerat dengan pasal berlapis. Adapun pasal yang dikenakan yakni Pasal 1 ayat (1) UU Darurat nomor 12 ta­hun 1951 juncto Pasal 55 KUHPidana tentang kepemilikan senjata api.

Kemudian Pasal 187 KUHP tentang Kejahatan di muka umum dan Pasal 338 KUHP tentang Tindak Pidana Pembunuhan. Dia pun terancan hukuman penjara selama 20 tahun. (cuy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top